Tutorial

Apa itu blog?
Blog merupakan kependekan dari weblog. Weblog berasal dari kata web dan log. Web dapat diartikan jaringan internet, sedangkan log berasal dari kata logbook. To log adalah kata kerja yang diturunkan dari kata benda logbook, yang berarti melakukan pencatatan ke dalam buku log.

Istilah weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah tersebut untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Sejarah blog bisa jadi setua sejarah internet itu sendiri. Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Sumber lain mewartakan bahwa situs web pertama kali yang dibuat oleh Tim Berners Lee merupakan blog yang pertama juga.

Info lanjut tentang blog, silakan kunjungi:

Bagaimana membuat blog?
Membuat sebuah website untuk keperluan pribadi di zaman sekarang sudah bukan merupakan hal yang sulit. Apalagi dengan bermunculannya situs-situs penyedia layanan blog, baik yang gratis maupun yang berbayar. Banyak orang memilih blog (weblog) karena berbagai kelebihannya, diantaranya adalah dari sisi kemudahan dan biayanya yang relatif murah.

Bagi yang baru memulai, blog gratis yang wajib dicoba ada tiga yaitu WordPress.com, Blogger.com, atau Multiply.com. Pendaftaran untuk mendapatkan akun blog gratis sangat mudah, Anda bisa mengikuti perintah yang ada dalam situs tersebut. Atau, bila Anda berminat untuk membuat blog dengan akun blogger.com silakan mampir di sini dan bila berminat dengan akun WP silakan mampir di sini.

Nilai plus blog adalah sistemnya yang memungkinkan interaksi sesama user. Tiap user bisa memberi komentar sebuah berita, foto, video, atau MP3, menambahkan link website kita, dan semua dilakukan dengan mudah tanpa harus tahu bahasa pemrogaman.

Sekarang, untuk membuat blog, kita tidak perlu memiliki kemampuan teknis yang cukup tinggi. Jika kita mengalami kesulitan cukup mengetik tag “blog tutorial” dalam mesin pencarian google, maka ribuan situs baik dari dalam maupun luar negeri akan bermunculan. Anda tinggal memilih. Googling dulu sebelum bertanya kepada teman.

Tentu, tidak semua situs tersebut dapat memenuhi harapan kita. Blog Ahmad Fatih Syuhud layak Anda jadikan acuhan. Blog ini relatif lengkap memaparkan tentang membuat dan mengoperasionalkan sebuah blog. Tutorial yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana, lugas, dan mudah dipahami menjadi poin tersendiri. Istimewanya, tutorial tidak hanya dapat dimanfaatkan pengguna WordPress tapi juga Blogspot. Beberapa judul tutorial yang telah dituliskan di dalam blognya adalah:

Tutorial WordPress.com

Tutorial Blogger.com / Blogspot

Topik berikut dalam blog yang berbeda juga bagus sebagai referensi:

Bagi yang tidak kuat berlama-lama di depan komputer, buku tentu menjadi pilihan. Saat ini, buku-buku tentang tutorial blog akan dapat dengan mudah ditemukan di toko buku. Anda ingin Pernak-pernik blog yang cantik, atraktif, dan fungsional. Silakan kunjungi di sini. Lalu, Anda ingin tahu, Bagaimana meraup dollar lewat blog silakan temukan infonya di sini.

Belum puas? Tulisan sejawat saya ini layak Anda baca. Silakan unduh di sini (file tulisan dalam bentuk pdf).

Selamat mencoba.

%d bloggers like this: