UNLAM MENANTI HASIL ASESMEN BAN PT

Unlam-LogoSemua perguruan tinggi (PT) di Indonesia harus diakreditasi untuk menentukan posisi perguruan tinggi tersebut diantara PT di tanah air. Akreditasi adalah bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara objektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

Akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Komitmen tersebut dijabarkan ke dalam sejumlah standar akreditasi. Mutu institusi perguruan tinggi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan keluaran atau layanan institusi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akan tetapi, kesiapan perguruan tinggi dinilai masih sangat minim. Informasi yang didapat dari dikti org menyatakan bahwa dari 55 perguruan tinggi yang mengikuti akreditasi institusi tahap I, hanya lima di antaranya yang telah meraih nilai sangat baik atau A. Kelima perguruan tinggi itu merupakan universitas yang memang sudah established dan telah memiliki reputasi internasional seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Pada tahun 2008 ini masih banyak perguruan tinggi yang belum berani dinilai. Padahal setiap program studi maupun perguruan tinggi negeri wajib untuk mengikuti akreditasi. Perguruan tinggi bisa kena pidana jika tidak segera memiliki akreditasi. Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, jika perguruan tinggi tidak terakreditasi, maka perguruan tinggi tersebut tidak boleh meluluskan mahasiswa. Ketentuan ini akan efektif berlaku selambat- lambatnya tahun 2012 mendatang. Bahkan, di dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan bahkan disebutkan, hanya perguruan tinggi berakreditasi minimal B yang bisa meluluskan mahasiswa (Nah, lho?)

Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) merupakan salah satu PT yang lolos untuk dilakukan site visit (visitasi asesor). Visitasi Unlam telah dilakukan 5-7 Desember 2008 kemarin oleh 5 orang asesor yaitu DR. Ary Samadi (ITB), DR. Ir. Siswadi (IPB), Prof. dr. Abdul Salam M. Sofro, Ph. D, Sp. KT (Yarsi), dan Prof. dr. Sofia Mubarika, Ph. D (UGM). Buat Bapak dan Ibu asesor kami mengucapkan Selamat Idul adha. Mungkin ini kali pertama Bapak/Ibu merayakannya di Banjarmasin.

Assesmen dilakukan terhadap standar akreditasi perguruan tinggi mencakup standar tentang komintmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:

o Standar 1. Visi dan Misi
o Standar 2. Tatapamong dan Kepemimpinan
o Standar 3. Kemahasiswaan dan Lulusan
o Standar 4. Sumber daya manusia
o Standar 5. Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama
o Standar 6. Pendanaan, Sarana, dan Prasarana
o Standar 7. Sistem Penjaminan Mutu dan Manajemen Informasi

Mutu Unlam merupakan tanggung jawab bersama semua unsur Pimpinan, Dosen, Mahasiswa, maupun Tenaga Kependidikan (Pustakawan, Laboran, Staf Administrasi, dll). Pencapaian tingkat akreditasi yang tinggi adalah hasil kerja keras dan komitmen yang tinggi dari semua unsur tersebut. Semoga Unlam memperoleh harkat yang baik dalam peringkat akreditasi kali ini.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: