I AM BACK BUT SORRY ONLY FOR A MINUTE

Hampir sebulan lebih tidak blogging tentu banyak momen yang terlewatkan. Terutama cerita dari teman-teman blogger. Saking lamanya tidak posting, saya hampir lupa dengan password. Bahkan, blog ini sempat diblokir karena dikenali sebagai spam blog. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mampir dan memberikan apresiasi baik melalui komentar selama blog ini rehat. Dalam kesempatan bulan suci ini perkenankan saya menghaturkan maaf karena belum sempat mampir ke blog teman-teman. Berbicara tentang ‘maaf’, konon tiap orang mempunyai beragam latar yang membuat kata itu terlontar. Sebagai bentuk manifestasi ‘pengakuan’ kesalahan yang dilakukan, kata ini seyogyanya diucapkan dengan tulus dari hati. Bukan sekadar basa-basi. Kata maaf dapat di haturkan karena ketidaksengajaan yang berakibat fisik kepada orang lain. Ada orang yang melontarkannya ketika tak sengaja menyenggol orang lain, menginjak kaki orang lain, menubruk atau sampai menabrak orang lain. Tak dinyana, kekhilafan menuntut permintaan maaf dari pelaku. Kata maaf juga dihaturkan karena ketidaksengajaan atau bahkan kesengajaan (?) yang berakibat psikis kepada orang lain. Misalnya, membuat orang lain kebingungan, mangkel, malu, dan bahkan sakit hati. Kebiasaan meminta maaf merupakan perilaku yang tidak dibentuk sekejap, tapi melalui proses panjang segenap interaksi yang terjadi dalam keluarga mapun lingkungan sekitar. Berawal dari ’pembiasaan’ sampai akhirnya menjadi ’kebiasaan’ yang positif.

Selain meminta maaf, ada sikap yang lebih penting lagi yaitu memberi maaf. Meminta maaf menunjukkan jiwa yang besar, tapi memberi maaf membuat jiwa menjadi kaya. Robert D. Enright, periset tentang keampunan, menyatakan bahwa memberi maaf merupakan faktor signifikan dalam penyembuhan yang bersifat psikis. Perbuatan memaafkan berarti respon kemurahan hati seseorang terhadap orang yang telah menyakitinya. Dalam memaafkan, orang mengganti perasaan negatif, pikiran negatif, dan perilaku negatif terhadap orang yang berbuat salah kepadanya dengan perasaan, pikiran, dan perilaku yang positif.

Memaafkan orang lain yang telah berbuat sewenang-wenang merupakan sebuah sikap yang paling mulia di dalam ajaran agama. Sikap ini tidak akan bisa dilakukan kecuali oleh orang-orang yang bersih hatinya, dimana ia lebih menyukai kebaikan ketimbang membalas kejahatan orang tersebut. Allah berfirman:” Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (Q.S Ali Imran:134). Semoga kita semua mampu menjadi orang yang ‘kaya’ hati.

14 comments so far

  1. Anang on

    selamat berpuasa dan bentar lagi hari kemenangan datang menjelang… selamat hari raya idul fitri pak.. mohon maaf lahir batin….

  2. Riza on

    Pak Dokter, untuk posting selanjutnya mohon dibahas dong tentang alergi makanan..

    Beberapa hari yang lalu istri makan kepiting dan terkena alergi.. mohon dibagi ilmunya untuk tindakan pertama.. kami juga sempat bingung waktu di rumah sakit di Korea karena tidak ada yang bisa bahasa Inggris..

    Btw saya buka blog baru, izin pasang link ke blog bapak yah..

  3. dani iswara on

    maap lahir batin ya dok, met lebaran buat keluarga..jgn kapok2 ngeblog juga..😀

  4. - Nilla - on

    Maaf mas… maaf…
    mau numpang tanya…
    Kok baliknya cuma 1 menit, sih?
    Huhuhu… Kapan balik lg utk waktu yg lama?:(

  5. mama ines on

    saya heran kenapa ya..tradisi minta maaf dan memberi maaf ini begitu kental saat lebaran tiba?kira-kira apa ya landasannya..

  6. mina on

    waduh, seleb blog bang anang ada di sini. welkam bek ya Y. jangan cuma semenit atuh…..

  7. ayahshiva on

    ya baru aja balik udah mau pergi lagi

  8. CempLuk on

    met puasa mas..mhn maaf lahir batin y

  9. Dimas on

    Ass wr wb,

    Minal Aidin wal Faidzin mas, sudah lama banget gak berkunjung nih hehehe. Semoga 4JJ1 selalu melimpahkan barakah, rahmat serta ampunan baik sebelum, selama, maupun setelah Ramadhan ini; Amin ya Rabbal Alamin🙂

    Wass wr wb,

    –Dimas

  10. maya on

    welcome back pak dokter,meski hanya i menit hehehe. btw, selamat hari raya idul fitri, minal aidzin wal faidzin , mohon maaf lahir & batin.

  11. inggit on

    met lebaran ya pak..
    Mohon maap lahir dan batin..

    btw, kok cuma semenit?? mo kemana lagi niy??

  12. Iko on

    WB Pak…🙂

    Berbicara soal maaf memaafkan,… mohon dibukakan pintu maaf jika saya ada kesalahan,…

    Selamat Hari Raya Idul Fitri…

  13. JALOE on

    met hari raya idul fitri pa dokter

    taqobalallahu minna wa minkum

    mohon maaf lahir dan batin

  14. rinisuryanti on

    Selamat hari raya idul fitri 1428H….mohon maaf lahir dan batin mas mashuri…semoga amal ibadah kita selama di bulan romadhan ini diterima oleh allah swt…amin…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: