ENERGY DRINK

Minuman energi (‘Energy Drink’) telah lama dikenal. Istilah ini sebenarnya tidak begitu tepat, karena hanya didasarkan pada komposisi minuman tersebut yang mengandung ‘kafein’ dan beberapa multivitamin lain. Tercatat beberapa merek beredar dalam berbagai kemasan mulai dari sachet, kalengan, sampai botolan. Meskipun mempunyai merek berbeda-beda, komposisi yang dikandungnya ternyata tidak (jauh) berbeda.

Taurin
Taurin dikenal juga sebagai asam 2-aminoetana sulfonat, awalnya diisolasi dari empedu sapi jantan pada tahun 1827. Saat ini taurin sudah dapat dibuat secara sintetis. Nah, yang terkandung dalam minuman energi ini sebagian besar merupakan taurin sintetis. Taurin seolah larutan ajaib yang melahirkan sejumlah efek dalam metabolisme yaitu sebagai penghambat neurotransmiter dan sebagai bagian dari pengemulsi asam empedu, asam kenodeoksikloat. Konjugasi taurin dengan asam empedu memberikan efek signifikan untuk melarutkan kolesterol dan juga meningkatkan ekskresinya. Taurin juga berhubungan dengan sejumlah fungsi lain (mekanisme terjadinya belum diketahui pasti), yaitu sebagai antioksidan melawan penuaan dan potensial untuk keseimbangan denyut jantung.

Akan tetapi, taurin sebenarnya tidak begitu diperlukan oleh tubuh karena tubuh kita mampu menyintesisnya dari asam amino metionin atau sistein, dan piridoksin. Pada saat perkembangan, taurin memang diperlukan. Itu sebabnya, taurin ada dalam jumlah banyak dalam susu murni. Secara alami, taurin ditemukan di telur, daging, dan ikan.

Glukuronolakton
Rumor di internet mengklaim bahan ini yang menyebabkan tumor otak. Sesungguhnya, ini tidak benar. Bahan ini dipercaya mampu melawan kelelahan dan meningkatkan kebugaran, tapi bukan lantas membuat Anda menjadi seekor banteng. Tampaknya, bahan ini lebih empuk menjadi rumor untuk mematikan pesaing pasar. Oleh karena itu, sebagian besar produsen mengambil jalan aman untuk tidak memasukkan dalam komposisi minuman energi.

Kafein
Hampir semua minuman energi mengandung 50 mg kafein. Sebagai perbandingan, 1 sendok kopi biasa dapat mengandung sekitar 75-100 mg kafein. Nah, disinilah ‘jualan’-nya minuman energi. Konsumsi kafein dalam jumlah normal diyakini mampu meningkatkan konsentrasi dan kecepatan reaksi panca indera, mempercepat daya pikir, mengurangi rasa lelah, memperbaiki status emosi, dan melipatgandakan proses metabolisme-mirip efek ‘saudara jauhnya’ kokain. Selain itu, kafein juga dapat dipergunakan sebagai pereda rasa nyeri (pain killer). Tidak jarang, dokter menyantumkannya dalam resep obat racikan.

Akan tetapi, konsumsi kafein harus hati-hati pada orang dengan gangguan lambung. Kafein dapat meningkatkan asam lambung. Kondisi ini akan memperparah dan memperlambat proses penyembuhan tukak lambung. Orang dengan hipertensi dan berpenyakit jantung juga sebaiknya menghindari minum kopi. Meskpun demikian, pengaruh kafein sangat tergantung kepada tingkat sensitifitas seseorang. Ada orang yang tidak tahan sama sekali terhadap kafein, sehingga setelah minum kopi jantung menjadi berdebar-debar. Tapi, ada juga orang yang dapat minum lebih dari 5 cangkir kopi sehari tanpa keluhan.

Glukosa
Kebanyakan minuman energi mengandung glukosa (dekstrosa). Secara alami glukosa terdapat dalam buah anggur, oleh karenanya sering disebut gula anggur. Glukosa merupakan karbohidrat yang mampu menghasilkan energi dari makanan. Nah, dalam konteks inilah istilah ‘energy drink’ menjadi lebih tepat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia, yang menyediakan 4 kalori energi per gram. Melalui glikolisis, glukosa segera terlibat dalam produksi ATP, pembawa energi sel. Di sisi lain, glukosa sangat penting dalam produksi protein dan dalam metabolisme lipid. Karena pada sistem saraf pusat tidak ada metabolisme lipid, jaringan ini sangat tergantung pada glukosa.

Glukosa diserap ke dalam peredaran darah melalui saluran pencernaan. Sebagian glukosa ini kemudian langsung menjadi bahan bakar sel otak, sedangkan yang lainnya menuju hati dan otot, yang menyimpannya sebagai glikogen dan sel lemak, yang menyimpannya sebagai lemak. Glikogen merupakan sumber energi cadangan yang akan dikonversi kembali menjadi glukosa pada saat dibutuhkan lebih banyak energi.

Selain glukosa, ada minuman energi yang mengandung madu (Mel depuratum). Madu sebenarnya merupakan hasil penggetahan gula sakarida yang dikumpulkan dalam indung madu oleh lebah. Madu terbentuk dengan cara inversi sukrosa yang dikumpulkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu sebagian besar berisi campuran fruktosa dan glukosa. Adanya fruktosa ini yang menyebabkan madu lebih manis daripada gula sukrosa.

Inositol
Karbohidrat yang ditemukan pada daging binatang (oleh karenanya disebut disebut ‘gula daging’). Inositol terbukti menjadi obat ajaib yang secara signifikan mengurangi depresi, serangan panik, agorafobia, dan gangguan obsesif konvulsif. Itu mungkin yang membuatnya dianggap efektif sebagai pelawan kanker. Tapi efek tersebut hanya berguna dalam dosis yang besar. Alih-alih menjadi pemain dalam minuman energi (Anda perlu minum sebanyak 360 botol sehari untuk mendapatkan keuntungannya), inositol mungkin memerlukan sebuah minuman untuk dirinya sendiri.

Lisin
Lisin (lysine) merupakan asam amino penyusun protein yang dalam pelarut air bersifat basa, seperti juga histidin. Lisin tergolong esensial bagi manusia dan kebutuhan rata-rata per hari adalah 1- 1,5 g. Lisin menjadi kerangka bagi niasin (vitamin B1). Lisin juga dilibatkan dalam pengobatan terhadap penyakit herpes.

Kolin
Meskipun bukan nutrien esensial bagi tubuh, kolin (choline) penting sebagai komposisi utama membran sel normal serta menjaga keutuhan membran sel dalam proses-proses biologi, seperti aliran informasi, komunikasi intrasel, dan bioenergi. Selain itu, kolin juga dapat membantu fungsi normal otak melalui pembentukan neurotransmiter asetilkolin, yaitu bentuk senyawa kolin yang sangat berperan pada fungsi otak.

Ada 3 bentuk kolin yaitu kolin bitartat, kolin sitrat, dan kolin klorida. Yang terkandung dalam minuman energi hanya kolin bitartat. Nah, bentuk kolin ini sebenarnya tidak efektif. Akan tetapi, kombinasi kolin dengan bahan yang lain seperti karnitin mampu meningkatkan kemampuan mengurangi lemak tubuh. Pada penelitian terhadap binatang, kombinasi kolin, karnitin, dan kafein mampu mengurangi lemak tubuh secara signifikan.

Vitamin B
Niasin (vitamin B3), berfungsi meningkatkan HDL (kolesterol ‘baik’) yang mencegah pembentukan trigliserida, menjadikannya sebagai obat kolesterol yang baik. Sayangnya, keuntungan ini seimbang dengan efek samping yang dapat menyerang kepala Anda (niacin flush).

Piridoksin (vitamin B6) berperan pada lebih dari 100 reaksi enzim dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 berhubungan dengan metabolisme asam amino dan protein. Vitamin B6 juga terlibat dalam produksi hemoglobin dan neurotransmitter seperti serotonin. Monosodium glutamat (MSG) yang terkandung dalam bumbu masak biasanya memerlukan vitamin ini dalam proses metabolismenya dalam tubuh.

Kobalamin (vitamin B12) disintesis hanya dalam mikroorganisme sehingga tidak terdapat dalam tanaman. Vegetarian akan rentan kekurangan vitamin ini. Di dalam minuman energi vitamin ini dalam bentuk sianokobalamin.

Natrium Sitrat
Selain dipergunakan sebagai bahan pengawet, natrium sitrat juga membantu mengubah glukosa menjadi asam laktat selama latihan, menghasilkan efek terukur pada penampilan atlet. Sekurang-kurangnya, dia mampu memotong waktu beberapa detik dalam sebuah lomba lari marathon.

Image is adapted from here.

32 comments so far

  1. Vie on

    Yang paling sering kuminum itu Red Bull, tapi gak pernah ngecek komposisinya apa aja. Ntar ah dicek!

  2. NN on

    Assalamualaikum, aku tidak suka minum2 kaya itu, aku ini setiap hari minum susu kedelai + jamu kunyit asem walau tidak tahu apa manfaatnya tapi kayanya dua minuman itu lebih ramah di perut aku ,tubuh aku tidak bisa mencerna susu sapi terlalu asam di pencernaan aku, biasanya langsung sakit perut,

  3. pyuriko on

    Minuman seperti itu, saya rasa kurang begitu aman untuk dikonsumsi tiap saat…

    Saat awal kita meminumnya, memang stamina tubuh jadi membesar… Tapi ketika reaksi minuman itu hilang, lama kelamaan tubuh terasa lemas… seperti habis terkuras tenaganya…

  4. maya on

    hmmm..jadi sebetulnya minuman ini baik atau tidak untuk dikonsumsi pak dokter?

  5. - Nilla - on

    Sama! Aku jg kurang suka jenis minuman yg spt itu! Kata Papaku sih kurang bagus utk dikonsumsi, apalagi ama yg masih muda. (entah apa hubungannya) tp tetep aja gitu Papa ku suka meminumnya! xP

  6. ayahshiva on

    makanya dari dulu gak pernah suka dengan yang namanya energy drink

  7. tukang ketik on

    ah… tulisan ini rumor ^_^v

  8. triadi on

    wah sekarang saya juga sering rada “paranoia”, mesti aja liat komposisi, sebelum membeli.

    Kalo minum sesekali ga papa kan dok?

  9. JALOE on

    ” energi drink ” sy suka sih, tapi karena harganya rada mahal jadi jarang beli hix… tapi kopi sy biasanya 4 gelas sehari pa dokter..hehe..

  10. Novee on

    emang nya harus ngecek komposisi sgala?
    males deh kaya nya, secara saya juga ga pernah minum gituan…
    enakan cendol bandung deh kaya nya

  11. dani iswara on

    para atlet biasanya sering dianjurin ati2 ngonsumsi minuman jenis ini ya dok..walaupun ada tulisannya bebas doping..

  12. mel@ on

    wah… kalo aku mah teh botol sosro… rasanyaaa kalooo pas lagi panas minum teh botol sosro itu segeeerrr n enaaak banget…
    ehhh… itu termasuk energy drink ga ya… hahahaha…
    kalo pocari sweat gimana?… masuk energy drink ga?…

  13. raida on

    air mineral tetap is de bes deh..

    btw gak ada campuran viagranya yah..wakakakkak..kaborrr

  14. CempLuk on

    asik euy artikel ini..saya jadi tau kandungan energy drink..

  15. inggit on

    pernah sekali minum.. tapi kok rasanya ga enak yak? abis itu ga pernah lagi😀

  16. mashuri on

    #vie
    Iya Red Bull (RB) merek untuk pasar luar, di Indonesia diberi merek Krating Daeng (KD). Saya gak tahu kandungan Red Bull, tapi mungkin gak jauh beda. Mungkin kuantitas-nya bisa jadi berbeda dengan KD.

    KD sendiri di Indonesia dikemas dalam bentuk botolan, mungkin RB dalam kaleng ya?

    KD yang ada di pasaran ada dua macam, ada yang mengandung glukoronalakton satunya tidak. Mengapa begini saya juga gak tahu. KD ini merupakan satu-satunya minuman energi yang mengandung bahan ini.

    #nn
    waalaikum salam
    susu minuman yang menyehatkan.

    #pyuriko
    Kalau dilihat dari bahan dan dosis bahan yang dikandungnya aman mba. Tapi, apakah ini diperlukan atau tidak ini tanda tanya? Karena semua bahan tersebut tersedia luas dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selama diet kita cukup takarannya, mengapa mesti pake suplemen?

    #maya
    aman, menurut saya batas maksimal sehari 2 botol.

    walaupun ada anjuran yang tercantum dalam label kemasan untuk meminum sehari 3 botol.

    apakah baik atau tidak?

    gini, apabila intake (masukan) diet kita cukup minuman itu menjadi gak perlu…

    wah ada panggilan mendadak nih…jawaban yang lain ntar dulu ..

  17. mashuri on

    #nilla
    bagi orang tua terutama yang punya penyakit jantung, tidak dianjurkan untuk konsumsi minuman ini..

    #ayah shiva
    beberapa minuman ini ada rasanya yang enak karena mengandung madu (sampai 2000 mg)..

    #tukang ketik
    kayaknya tukang ketik kebanyakan ngetik, gak sempat baca…

    #triadi
    gpp, aman.

    #jaloe
    nah, kopi sampai 4 gelas itu bisa melebihi dosis (terapi)lho

    #novee
    cendol enak, saya juga suka

    #dani iswara
    kayaknya karena kandungan kafein-nya sehingga para atlit kudu hati-hati konsumsi minuman ini. Tapi, ada satu produk minuman energi(kemasan botol) yang bebas kafein yaitu H*M*V*T*N. kayaknya ini satu-satunya minuman energi botolan yang free kafein.

    #mel@

    kalau yang dimaksud energy drink itu merupakan minuman yang mengandung stimulan serta multivitamin (ini yang disalah persepsikan) maka teh s*sr* bukan termasuk kelas ini

    tapi bila yang dimaksud energy drink adalah mampu menghasilkan kalori (ini lebih tepat), maka dia termasuk minuman energi seperti halnya juga p*c*r* sweat

    Akan tetapi, p*c*r* sweat juga mengandung elektrolit (ion Na, K, Ca, Mg, Cl, Sitrat, Laktat) yang mampu menyubstitusi elektrolit yang hilang (misal melalui keringat).

    #raida
    v**gr* kayaknya gak ada dalam minuman energi

    #cempluk
    thanks

    #inggit
    bahan dasar yang terkandung dalam minuman ini pada dasarnya pahit sehingga biasanya ditambah pemanis dalam pengolahannya baik yang sintetis maupun alami misalnya madu…

    contoh yang mengandung madu adalah F*T UP, bahkan sampai 2000 mg sehingga rasanya lebih manis, kayaknya enak…

    #

  18. Anang on

    wah saya kalau minum energy drink ga pernah lihat kandungannya… sekarang jadi ngerti deh.. thanks pak

  19. mina on

    aku minum energy drink malah tidur nyenyak hohoho…. apa sudah kebal ya?

  20. Nona Nieke,, on

    waaaa….
    saya ketinggalan kereta nih kayanya!
    heheheee… xD

    kalo dibaca2 sih, kayanya tiap kandungannya punya plus minus..
    kadang emang ada manfaatnya, kadang ada efek sampingnya juga’..
    pilih amannya aja, deh.. ^_^! V
    ngebaca balesan komen buat Nilla, pdhl papaku kalo lg nyopir utk perjalanan jauh suka minum gituan lho, abi..
    malah kami yg anak2 beliau suka diingetin gak boleh minum energy drink, gak baek utk anak kecil kata papa.. icip2 dikit boleh lah.. hehe..

    pokonya, teuteup yaaa…
    SUSU IS THE BEST! ^_^

  21. Fatah on

    numpang tanya dong ? apa memang bener minuman2x seperti itu bisa menambah tenaga ?? soalnya setiap kali aku minum itu kayaknya ngga ada perubahan deh😦

  22. imcw on

    saya minum air putih aja dah…

  23. Bakhrian syah on

    malas minum yang begituan… bikin ketagihan… mending yang biasa-biasa aja… kayak air putih dan teh… (tapi teh kan mengandung kafein juga selain thein… bener ga sih?) hehehe

  24. Laksono on

    ada saudara saya masih muda kena gula (diabetes) katanya karena sering minum-minuman seperti ini pak dokter. apa benernya glukosa yang ada banyakan kimia bukan yang alami?

    saya juga tidak tahu. saya lebih suka minum air putih saja

  25. Muhammad Mufti on

    Pasak bumi dan ginseng lebih joss…

  26. NiLA Obsidian on

    waduh..aku hrs ksih tau suamiku neh…dia yg suka bgt minum2 energi drink apalagi kalo hrs nyetir malem ke luar kota…
    tp kyknya ga boleh sering sering ya?

    makasih informasinya….

  27. Mama Rafi on

    aku jg ga sk minum2an gt, faveku bearbrand ajah dah ckp buat ngusir lemes2 or pusing2 apalg kl lg kecapean or krg darah gt n komposisinya jg kyknya 100% susu murni yah.

  28. rusle on

    saya dari dulu gak pernah tertarik dengan minuman suplemen yang katanya mendgandung banyak zat yang bisa mengembalikan vitalitas tubuh. kalo multivitamin sih iya saya konsumsi…sama aja ya? he2

  29. Retni on

    sebenarnya minuman seperti itu bagus ngga sih di tubuh kita…..?

  30. iyas on

    Maap out of topic, saya mau Konsultasi Dok karena dah banyak dokter dan paramedis serta mahasiswa ngeblog saya coba membuat direktori kesehatan dan beta version nya dah jadi oleh karena itu mohon bantuan kritik dan saran untuk pengembangan selanjutnya. ini alamatnya nya dok : http://direktori.ilmukedokteran.net
    jangan lupa langsung submit dok
    terima kasih

  31. ligar on

    temen kerja minum energy drink yg mengandung taurin sampe 3000??, sehari bisa 4-5 kaleng.
    padahal umur udah 60thn, masih ngangkat2 besi…maklum kerja dipabrik pemotongan besi. kita yang masih muda aman gak klo jumlah konsumsinya sama?

  32. Indah on

    Bisa minta tolong nggak?
    saya mo minta sumber tulisan masalah energy drink ini…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: