VARISES TUNGKAI

Varises (varus=bengkok) merupakan pelebaran dan berkelok-keloknya sistem pembuluh darah balik (vena) disertai gangguan peredaran darah di dalamnya. Ada beberapa bagian tubuh di mana varises bisa muncul. Akan tetapi, saya tidak membahas varises yang terjadi pada lambung, dubur (wasir, hemoroid), atau pada testes laki-laki (varicocel). Tulisan ini hanya menyinggung varises yang terjadi pada tungkai. Konon, penyakit ini sudah dikenal sejak manusia hidup dalam posisi berdiri.

Varises tidak hanya sekedar menimbulkan pelebaran pembuluh vena tapi juga menyebabkan pembuluh vena menjadi berkelok-kelok. Vena merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari tepi balik ke jantung. Terdapat 3 jenis vena pada tungkai dari arah luar ke dalam berturut-turut vena tepi, vena penghubung, dan vena dalam. Vena tepi terletak di bawah kulit dan secara samar-samar terlihat. Sementara itu, pembuluh vena yang lebih dalam terletak dalam bungkusan otot yang mampu memeras vena sampai kosong ke arah jantung. Vena tepi dan vena dalam dihubungkan oleh vena penghubung. Bagian terpenting pada sistem vena ini ialah klep atau katup satu arah yang mengarahkan aliran darah dari vena tepi ke vena dalam. Klep yang berfungsi akan terbuka untuk membiarkan darah mengalir, kemudian katup menutup kembali setelah darah melaluinya.

Pada pria varises tungkai jarang terjadi karena kondisi otot pria secara alami lebih kuat dibandingkan dengan wanita. Bila dibandingkan dengan pria, wanita berpeluang lima kali lebih besar karena adanya faktor kehamilan dan menopause. Ini dapat dipahami, karena tekanan dalam perut yang meninggi atau tekanan langsung pada pembuluh balik dalam panggul menyebabkan aliran vena dari tungkai akan terganggu. Pada menopause, terjadi penurunan hormon estrogen yang menimbulkan penurunan kekuatan tekanan otot kaki terhadap pembuluh vena.

Selain itu, faktor keturunan juga memegang peranan, biasanya varises di kalangan remaja terjadi karena anggota keluarga lain juga ada yang menderita penyakit tersebut. Penyebab varises ini tampaknya karena dinding pembuluh yang tipis atau tidak terbentuknya klep. Faktor lain adalah berat badan yang menyebabkan beban kaki lebih berat dan tekanan darah vena di tungkai meningkat. Juga, posisi berdiri lama menambah tekanan pada vena di tungkai, sehingga otot kaki harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan darah ke atas. Jadi, bagi Anda yang berprofesi sebagai guru atau dosen harus berhati-hati karena merupakan faktor predisposisi.

Pada kondisi yang ringan varises menimbulkan rasa nyeri, rasa berat, tegang, dan sering mengalami kram kaki terutama saat berdiri lama dan akan berkurang bila berbaring dengan tungkai ditinggikan. Apabila dibiarkan berlarut-larut dapat terjadi komplikasi mulai dari pembengkakan tungkai atau kaki, kelainan kulit, eksema, dan terbentuk koreng (tukak) di sekitar pergelangan kaki. Sekitar tukak, warna kulit menjadi lebih gelap dari sekitarnya (pigmentasi). Komplikasi yang paling berbahaya (walaupun ini sangat jarang) adalah terbentuknya endapan darah (emboli) yang dapat terbawa kemana-mana dan bisa menyumbat pembuluh pada organ lain seperti ginjal, hati, lambung. Apabila memasuki aliran darah di paru dapat menyebabkan kematian.

Bagi yang belum menderita varises dapat melakukan tindakan pencegahan (primer) sebagai berikut pertama, olahraga secara teratur dan makanan cukup bergizi dan bervitamin. Kedua, berat badan seimbang hendaknya dipertahankan, mengingat obesitas lebih mudah terkena varises karena beban tubuh yang berat. Ketiga, hendaknya juga tidak terlalu sering mengenakan sepatu bertumit tinggi (hi heels). Pengenaan sepatu macam ini mengakibatkan beban kaki menjadi lebih berat dibandingkan dengan sepatu bertumit rendah. Keempat, hindari berdiri diam terlalu lama atau duduk lama sambil menyilangkan kaki, sebab aliran darah akan terhambat. Kelima, sedapat mungkin menghindari kaos kaki, pakaian, ikat pinggang ketat karena bisa menjepit vena antara jantung dan kaki. Keenam, beri istirahat yang cukup pada kaki dan pemijatan sehabis bepergian supaya darah vena lancar. Juga, latihan menaikkan kaki secara teratur perlu dilakukan, untuk membantu vena agar tidak bekerja terlalu berat.

Bagi yang sudah menderita varises maka Anda dapat melakukan tindakan pencegahan (sekunder) supaya varises tidak bertambah buruk, atau bahkan bisa memperbaiki kondisi varises. Pertama, dianjurkan mengenakan kaus kaki yang elastis untuk menekan vena tepi, yang bersama dengan kontraksi otot kaki akan mampu mencegah pelebaran dinding vena. Kedua, jangan sekali-kali merawat varises dengan air hangat atau mandi sauna. Panas akan semakin melebarkan vena sehingga semakin mengurangi tekanan aliran darah ke atas. Ketiga, hindari olahraga lari, loncat, dan senam aerobik high-impact karena akan menambah beban kaki. Olahraga yang dianjurkan adalah bersepeda, berenang, dan berjalan kaki. Senam tungkai dapat dilakukan setiap hari berguna untuk memperkuat otot-otot kaki sehingga akan membantu memompa darah naik ke jantung. Jangan lupa setiap latihan diakhiri dengan pendinginan dan peregangan.

Other sources from Vein Clinic and Intisari.

Image is adapted from here.

44 comments so far

  1. tukang ketik on

    “olahraga secara teratur dan makanan cukup bergizi dan bervitamin”

    ~says sudah olahraga teratur, tiap kamis. moga2 ga kena varises. Tapi makan ga kira2. Gimana tuh pak dokter?

  2. inggit on

    pertama, saya ga pernah olahraga, makan juga makanan ala anak kos..
    kedua, berat badan sudah mulai over
    ketiga, tiap hari make sepatu-yg-ada-hak-nya-5cm
    keempat, kalo duduk suka menyilang kaki

    waduh, gawat neh…😦 [parno mode on]

  3. Anang on

    ngeri juga yaaa… thanks artikelnya bagus sekali nih… jadi inget kalo duduk selalu tekuk kaki… ga boleh ya…

  4. aribowo on

    *hindari berdiri diam terlalu lama*
    gimana dengan penjaga istana yang biasanya berdiri tegak seharian.

    btw tuh gambar serem amat ya

  5. CempLuk on

    olahraga memang penting dan dianjurkan agar badan kita terbebas dari penyakit..info nya bagus banget mas..trims

  6. Muhammad Mufti on

    Kalo dah parah kaya yang ada di gambar itu bisa diperbaiki gak ya?

  7. Vie on

    Wuih… serem juga ya kalo kakiku bentuknya seperti itu. Amit-amit deh.
    Untung varises tidak ada yang mengalaminya dikeluargaku, mana kami skinny-skinny lagi. Biarpun gitu kami sering jalan-jalan sore di neighbourhood, dan untung juga suka nyendal.
    Artikelnya bisa nambah pengetahuan nih Mas!

    OOT,waktu dikonser lagi sibuk ambil foto dan semua penontonnya duduk dirumput/gelar tikar. Gak sreg aja ngambil foto penonton.

  8. 'N on

    hiiiiiyyyy bikin ngeri yah, nah kalo saya keseringan duduk beresiko ambeiyen yah dok?

  9. Nona Nieke,, on

    Abi,
    apa org yg punya varises itu anak2nya pasti varises juga’..?
    trus, biasanya varises terkena pada umur brapa..?

    owya, aku dulu sukaaaa banged mandi malam di atas jam 10.
    trus pagi2nya kakiku suka biru2..
    katanya itu ada pembuluh darah pecah juga’ ya..?
    tapi gak lama biru2 itu cepet ilangnya..
    apa itu varises juga?

  10. Novee on

    waduh, gambar nya serem bangged…
    koq artikel nya rada aneh ya…
    pencegahan (primer) nomor 5 hindari pakai kaos kaki (syukurlah… saya paling ga suka pk kaos kaki, secara kaki udik, lebih suka pk sendal jepit ato nyeker… enak, banyak angin, brasa pk ase… angin sepoi2…)
    pencegahan (sekunder) pakailah kaos kaki (gubrag! gada solusi yg lain?)

    so… sebenernya pake ato ngga nih paaaakkk???

  11. raida on

    disturbing picture neh..:(

    btw, infonya bagus banget..eh situ dokter bukan sih..:D

  12. G-NoX on

    ampun deh kalo sampe kaki ku sampe kek digambar

  13. bebek on

    wahh beneran kata yang lain… gambarnya sereeem…. kayak batangan kayu yang dah menahun gitu deh..

  14. - Nilla - on

    Iya tuh Mas, varises itu turunan ga, sih? Soalnya Papa kuw jg kena! Huhuhu… >,< Waktu masih kecil, aku pernah nanya ama Papa, “Ih Pa, kok di kaki nya ada mie, sih?” …

  15. primaningrum on

    pas hamil triplet ku sempat varises tapi gak parah banget dan sekarang kok keikny ilang ya… emang bisa?

  16. Bakhrian syah on

    Mas… gimana hubungan antara otot kaki yang lebih kuat dengan kejadian varises? Ga ngeh nih… penjelasannya dong….

  17. azeli riswan on

    apakah orang yang menderita penyakit jantung juga merupakan faktor predisposisi untuk terkena varises dok?

  18. Fatah on

    Kalo varises ditangan, mungkin ngga ?

    hiii.. pas ngeliat gambar kaki itu, aku langsung berdoa supaya kita semua tidak kena varises ^_^

  19. triadi on

    berart ngilangin yang sudah terlanjur varises cum adioperasi ya?

  20. JALOE on

    Mudah2 an masih nyambung ama artikelnya..Mas klau pembekakan akibat terkilir misalnya itu bagusnya pake Balsem (panas) atau Es (Air) ??

  21. Anisa on

    baca saja kok jadi ikutan ngeri ya…mudah2an jangan sampe mengalami. Makasih untuk pembelajarannya, bermanfaat banget

  22. maya on

    setelah liat gambarnya, dengan ini, saya..maya..berjanji ..:
    *mau olahraga teratur
    *gag mau makan banyak2 biar gag overweight
    *gag mau sering2 pake high heels

    wuiihhhhhhh..janji yg sangat berat nehhhh :d

  23. NiLA Obsidian on

    waaaa…..dah lama ga mampir…tiba2 liat gambar mengerikan gituuu….

    ih serem bgt ya ternyata akibatnya….

    duh tx bgt atikelnya…berguna sekali….
    maaf juga baru mampir lagi…..baru selesai semedi…hehe
    pa kabar mas?

  24. Bimo Septyo Prabowo on

    jadi ati ati nih

  25. pyuriko on

    Makasih tipsnya… ^_^

    Ada perngaruhnya gak, jika kaki terasa pegel… kemudian posisi kita tertidur tapi kaki di naikkan ke atas,… ???

  26. Mama Rafi on

    smoga komenku kali ini bs masuk amin…….

    fotonya seyem bgt, aku ada sedikit varises di kaki bawah waktu hbs melahirin kmrn keluar itu aja yg msh se ujung kuku dah skt apalg yg byk kyk di foto itu hiii…

  27. mina on

    memang uyi selebblog😀 gak dijawab2. -padahal internetnya on terus dengan kecepatan tinggi di rumah dan di kantor😀

  28. mashuri on

    #Tukang Ketik
    Kayaknya kamu akan tambah ndut, tapi gak kena varises

    #Inggit
    Makan ala anak kos aza bikin kamu melar…gimana ya kalo tinggal di rumah sendiri..

    #Anang
    Kalo duduk jangan lupa sesekali menggerakan kaki nya.

    #Aribowo
    Nah itu faktor risiko untuk kena varises..

    #Cempluk
    Iya thanks

    #Muhammad Mufti
    Wah, kayaknya itu perlu tindakan operasi.

    #Vie
    Jalan , olahraga ringan, murah, dan menyehatkan.

    #N
    Untuk hemoroid, faktor diet cukup penting. Banyak serat dan menghindari makanan yang merangsang (misal cabe).

    #Nona Nieke
    Gak mesti, tapi pada penderita varises yang berusia muda (remaja) patut dicurigai ada faktor keturunan.

    Bukan, sepertinya itu hanya pecahnya pembuluh darah kecil dibawah kulit.

    #Novee
    Maksudnya hindari kaos kaki yang ketat, dan pergunakan kaos kaki elastis (khusus varises biasanya ada di apotek) untuk yang sudah menderita varises.

    #Raida
    Gimana sih mba ini, sudah serin mampir koq masih gak kenal..he..he..

    #G-NoX
    Moga gak..

    #Bebek
    He..he…itu memang bikin kulit mengeras…walau gak sekeras kayu sih..

    #Nilla
    Iya, pada penderita varises usia muda. Penyebabnya karena ada kelemahan struktur dinding vena yang diturunkan.

    #Primaningrum
    Iya, wanita memang akan cenderung menderita varises saat usia kehamilan karena tekanan di rongga perut yang meningkat dan hormon kehamilan akan mengurangi tonus otot. Apabila tidak berat, bisa hilang.

    #Bakhriansyah
    Aliran darah balik ditungkai khan berturut-turut dari vena tepi-vena penghubung (perforantes)-vena dalam (profunda)—-jantung. Vena dalam terletak di dalam bungkusan otot dan fascianya. Jika kontraksi otot berjalan baik (diasumsikan kekuatan otot baik), dia mampu memeras sistem vena dalam sampai kosong ke arah jantung. Dikatakan bahwa kontraksi ini mampu menyebabkan tekanan vena profunda meningkat sampai 200 ml air raksa atau lebih.

    #Azeli Riswan
    Berdasarkan adanya kecenderungan terjadi pembekuan darah (ingat: Trias Virchow) maka penyakit jantung bisa menjadi predisposisi varises. Oleh karena penyakit jantung lebih berbahaya dari pada varises itu sendiri, maka penyakit primer yang ditangani lebih dulu (priority scale).

    Yang berbahaya dari penyakit jantung khan (dalam jangka pendek):sudden death, aritmia ganas, gagal napas. Dalam jangka panjang antara lain gagal jantung. Nah varises kayaknya tidak masuk dalam barisan ini.

    #Fatah
    Vena-vena lengan sangat kecil kemungkinan mendapatkan hambatan darah balik. Hal ini karena lokasinya relatif ’sejajar’ dengan jantung dan tidak mempunyai beban yang berat dibanding dengan kaki yang tiap hari harus meyangga berat tubuh kita. Tentu akan berbeda halnya kalau kita berjalan tiap hari dengan menggunakan ’lengan’ he..he..

    #Triadi
    Gak mesti, varises juga bisa dilakukan tanpa pembedahan misalnya dengan penyuntikan sklerotik dan balutan elastik.

    #Jaloe
    Sesudah terkilir kompres es lebih baik. Penggunaan balsem sebaiknya sesudah 48 jam.

    #Anisa
    Sama-sama

    #Maya
    Janji ya..he..he..

    #Nila Obsidian
    Thanks, semoga semedhinya banyak mendapat pencerahan

    #Bimo Septyo Prabowo
    Langkah bijak sebelum terlambat..

    #Pyuriko
    Posisi berbaring sebenarnya sudah cukup mengurangi tekanan vena tungkai, aliran balik vena semakin lancar, apalagi kalo dengan meninggikannya (sekitar 1 bantal).

    Kaki pegel bisa karena gejala awal varises atau ada penyebab lain yang perlu dicari.

    #Mama Rafi
    Kalo masih sedikit diberi kaos kaki elastik biasanya akan hilang.

    #Mina
    Wah, gosip yang menyesatkan nih sebab sudah 3 hari ini aku gak blogwalking.

    Jadi maaf pada sejawat blogger yang masih belon sempat dikunjungi.

    Mungkin besok baru normal kembali he…he…

  29. Vina Revi on

    gambarnya OK, Dok! …🙂

  30. Anonymous on

    Matur suwun banget buat infonya terutama picturenya…Ndak nyana,manjur bgt buat nakut-nakutin orang terutama yang jarang olah raga kayak diriku

  31. Linda on

    wuihhh..cerem boo >o<
    Dok, aq jd takyut niE..hik.hik.hik
    Dibagian paha n betis ada urat berwarna hijau bentuknya kaya sarang laba2 dan tdk menonjol,juga ga ada sakit atau ngilu. Cuman bikin penampilanku jd ga nyaman gitu, cost ntu urat kelihatan bgt warnanya… apakah itu termasuk varises? coal na aQ ga tw jenis2 varises seperti apa aja… ada yg blg urat ku kelihatan jelas karna kulit ariku ketipisan, bener gaq ci Dok? trus seandainya kalo itu benar varises, gimana cara efektif bwt engatasinnya? plus dimana kita bisa beli kaos kaki yg bener2 khusus untuk varises..coalna zmn kaya gini kan byk yg aspal, tar bkn kos kaki varises yg dijual tp kaos kaki sepak bola wkkkkkk..muup ya dok pertanyaan na kebanyakan hehehe. Muakacih Dok^^

  32. darus on

    benar gak c klo d kompres dengan es varises bisa berkurang

  33. NN on

    pak, di bagian belakang paha saya mulai terlihat gejala varises, tapi tidak terlalu nampak. Gimana ya caranya agar tidak semakin parah dan agar bisa hilang.Saya olahraga basket rutin tiap minggu sekali. Apa sebaiknya saya hentikan atau adakah cara agar saya bisa tetap berolahraga tanpa memperparah varises.

    • mashuri on

      #NN
      berarti perlu pencegahan sekunder seperti cara di atas. saran saya lakukanlah olahraga yang low-impact seperti bersepeda, berenang, dan jalan

  34. winny on

    urgent nie..!!
    varices bisa juga terjadi pada pria muda, apa penyebabnya?
    thx

    • mashuri on

      #winny
      Penyebab yang sesungguhnya dari pelebaran vena belum diketahui. Diantara sekian banyak faktor risiko, kehamilan menempati tempat pertama. Setelah itu, diikuti keturunan, berat badan berlebihan, umur tua, pekerjaan, dan faktor peradangan. Faktor risiko yang mungkin terdapat pada pria muda adalah keturunan, pekerjaan, maupun peradangan. Maaf agak telat menjawab. Semoga bermanfaat. Hayoo..siapa yang mau bantu mba Winny…

  35. winny on

    yth para pembaca, ada info tentang varices pada pria muda?
    yg slama ini saya tau, alasan varices pada wanita.
    saya harus cari info dimana ttg varices tungkai pada pria muda?
    thx..

  36. iis on

    dok saya punya keponakan dari lahir uda ada benjolan di telapak kaki kiri,telapak tangan kanan dan di dada.dokter mengatakan itu varises pembuluh vena trus sekarang anaknya sudah berumur 4 tahun.ada pengobatan atau operasi,karena sampai sekarang banyak dokter mengatakan ini kasus langka.

    • mashuri on

      #Iis
      Maaf mbak agak telat. Saran saya segeralah membawa ponakan Anda ke tempat pelayanan kesehatan/dokter spesialis anak/dokter spesialis bedah anak untuk mendapatkan penanganan lanjut. Mintalah penjelasan selengkapnya tentang diagnosis dan tindak lanjut penanganan berikutnya. Maaf jawaban ini mungkin tidak memuaskan. Akan tetapi, peran Anda dan keluarga lainnya (atau orang tuanya) tentu sangat membantu proses tindak lanjut perawatan/pengobatan ponakan Anda. Semoga Allah swt memberikan kesembuhan buat ponakan Anda.

  37. iis on

    dok aku lanjutian lagi…skarang benjolannya tambah besar dan membuat anaknya jadi pemalu.apa yang mesti kita lakukan.apakah dokter di indonesia bisa diminta bantuannya…maaf dok saya bingungterimakasih banyak saya ucapkan

  38. iis on

    maaf dok.. pertanyaan ku salah ya?

  39. Widy on

    Kalo mau beli kaos kaki elastis dimana ya, atau obat yang bisa diminum. Soalnya varises di paha dan betis aku masih halus dan berwarna ungu kebiruan. Apa masih bisa sembuh ?

    Tks

    WD

  40. mashuri on

    coba di apotek Mba….Anda bisa melakukan pencegahan primer di atas…semoga keadaannya menjadi lebih baik.

  41. eliza on

    Anak saya atlit taekwondo 16 th, Skrang lagi latihan intensif/TC. Nah kemaren ada keluhan sakit dibelakang dengkul diduga varises. apa yg hrs dilakukan. Taekwondo adalah hidupnya dan thn ini ada rencana TC di LN..
    Tolong infonya ya pak mashuri..
    trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: