SEXTUPLETS

Penanggalan hari ini kalau disusun tentu akan menjadi angka kembar tiga (triplet) yang unik 07-07-07. Nah, bagaimana seandainya kalau seorang wanita melahirkan anak kembar tiga (triplet) atau lebih, seperti yang terjadi baru-baru ini di USA. Dalam waktu tidak berselang satu hari terjadi dua kali kelahiran kembar, bukan hanya tiga tapi kembar enam (sextuplet) dari dua ibu yang berbeda. Brianna Morrison, 24 tahun, melahirkan bayi kembar enam di Minneapolis, Minnesota. Sekitar 10 jam kemudian, Jenny Masche, 32 tahun, melahirkan bayi kembar enam di Phoenix, Arizona melalui operasi sesar. Semua bayi Masche selamat, sedangkan bayi Morrison hanya 2 yang selamat.

Peristiwa kelahiran bayi kembar enam memang bukan yang pertama terjadi, namun tetap merupakan peristiwa langka. Pada umumnya insidensi kehamilan kembar dibandingkan seluruh kehamilan adalah: kembar dua (twin, gemelli) 1:80, kembar tiga (triplet) 1:6400, kembar empat (kuadruplet) 1:512,200, kembar lima (quintiplet) 1:40.960.000, dan kembar enam (sextuplet) 1:3.276.800.000. Angka tersebut kira-kira sesuai dengan hukum Hellin yang menyatakan bahwa perbandingan antara kehamilan kembar dan tunggal adalah 1:89, untuk triplet 1:(89)2, untuk kuadruplet 1:(89)3 dan seterusnya.

Semakin banyak anak kembar yang dilahirkan maka akan semakin besar risiko yang mungkin ditimbulkan. Sextuplet pertama yang selamat adalah bayi yang lahir di Afrika Selatan pada tahun 1974. Sampai saat ini dari 176 pasang sextuplet yang tercatat hanya 32 pasang sextuplet yang hidup, satu di antaranya berasal dari Indonesia. Sextuplet asal Indonesia tersebut dilahirkan di Singapura pada 29 Nopember 1998 dari pasangan Andre Prijono dan Susan Tjokrosetio yang sedang menjalani terapi fertilitas di Gleneagles Hospital

Sextuplet merupakan campuran antara jenis kembar fraternal dan kembar identik, tapi sekitar 99% sextuplet adalah fraternal dan hampir semuanya berawal dari terapi infertilitas. Terapi infertilitas merupakan faktor yang meningkatkan kejadian multiple birth (kembar tiga atau lebih) selain faktor ras, usia, jumlah anak sebelumnya (paritas), dan hereditas.

Terapi fertilitas biasanya diberikan kepada pasangan-pasangan yang ingin mempunyai anak. Ada 2 macam terapi fertilitas yaitu terapi hormonal dan teknologi reproduksi berbantu atau Assisted Reproductive Technology (ART). Terapi hormonal, biasanya menggunakan obat hormon seperti clomiphene citrate, human menopausal gonadotropin, dan human chorionic gonadotropin, ditujukan untuk menginduksi indung telur untuk menghasilkan sel telur, merangsang indung telur untuk melepaskan sel telur yang telah matang, serta merangsang pematangan sel telur berkembang secara sempurna. Jika indung telur bisa memproduksi sel telur dan diberi hormon, maka sel telur yang matang pada saat bersamaan bisa menjadi banyak, bahkan sampai lima atau enam. Obat-obat tersebut juga dipergunakan saat terapi fertilitas dengan ART pada pasangan infertil.

Tingkat kesehatan multiple birth jelas berbeda dengan bayi yang lahir normal. Pertumbuhan janin yang multiple dalam rahim menyebabkan kondisi organ tubuhnya pun jelas tidak matang dan beratnya di bawah standar. Hal ini meningkatkan ancaman kelahiran prematur. Angka kematian setelah dilahirkan pun lebih tinggi dari pada anak kehamilan tunggal. Oleh karena itu, sungguh merupakan anugerah yang terindah apabila dikarunia anak kembar apalagi semuanya dilahirkan dengan selamat.

Image is adapted from here.

37 comments so far

  1. Matahari on

    Asyik…aku komentator pertama untuk tulisan ini…hadiahnya apa mas?hehehe..
    Aku juga ingin punya anak kembar bila nanti menikah dan dianguerahi mengasuh anak…mungkin salah satu caranya begitu ya dengan terapi fertilitas…
    Tapi aku ingin yang alami ajalah…
    Hi…hayalan tingkat tinggi niy…
    So…kalau mas mau kembar berapa???

  2. Vie on

    Baru saja beberapa waktu lalu, aku ada baca berita online mengenai kembar-kembaran. Sudah kucoba cari artikelnya (setelah baca artikel ini), tapi gak ketemu. Menceritakan tentang kembar baik itu twins, triplets dst., tidak menjamin bayi akan menjadi sehat. Katanya bayi kembar biasanya selalu punya masalah kesehatan. Ada temen sekantor yang hamil through IVF, 1 sehat dan yang 1-nya lagi punya heart problem. Sepupu suami ada yang triplets, 2 berhasil hidup, yang 1 punya masalah pencernaan sampai dia sudah berumur 40-an sekarang ini dan 1 lagi mengidap permanent flu, hidungnya meler trus, gak perduli musim apa sekalipun.
    Great article.

    Tapi apa betul Mas, katanya hamil dari IVF tidak akan pernah dapat identical twins???

  3. maya on

    jadi kesimpulannya, yg bantuan manusia dan tekhnologi itu lebih ebrisio ketimbang yang alami dari Allah yah. gak usah kembar kali, satua ja aku kalo diakseh alhamdulillah banged hiks hiks..

  4. mel@ on

    wah… ga jadi de pengen kembar banyak-banyak…
    padahal kemarin mikirnya… pengen punya anak… tapi ga cape melahirkannya… hahaha…

  5. Bakhrian syah on

    Itu emamng efek samping dari teknologi… aku pikir yang alamiah jauh lebih bagus… tapi technologi selagi itu masih di approve sama agama… hajar mangggggg…. hehehe

  6. Mama Rafi on

    aku sempet pingin punya anak kembar kyknya enak capeknya sekaligus n bahagianya doble, tp semua kembali ke yg di atas, apa yg diberi pasti dah sesuai dgn takarannya.

  7. aribowo on

    dulu waktu mamanya shiva hamil, aku maunya punya anak kembar sepasang, tapi apa mau di kata Yang Diatas belum mau kasih jadi ya terima aja dengan penuh rasa syukur

  8. - Nilla - on

    So, topiknya skrg tentang anak kembar, neh? Ehmmm… Ehmmm… lg ngomongin aku, yah? x)

    Iya tuh, Mas! Kata Mama emang paling deg2an pas ngelahirin aku ama Nieke dr pd ngelahirin adik bungsuku yg Mama lahirkan di usianya yg ke 40-an! (beda 14 tahun sama aku) So, masih ada yg berminat punya anak kembar? ;P

  9. Anang on

    semakin tinggi teknologi semakin mudah manusia merealisasikan mimpi2 mereka…

  10. CempLuk on

    angka 7.7.07 ini merupakan angka cantik menurut saya. banyak momen ini dijadikan sebagai tanggal nikah, dan tanggal utk memaksa kan anak nya lahir di tanggal ini dengan proses caesar.

  11. raida on

    cuba lahirnya kembar 7, nah lo lengkap kan angkanya😀.

    Duh…gak bayangin tu emaknya gimana yah bawanya ampe kembar segitu, kata temenku yg kembar dua aja..wadoww..beratt sekali men..

  12. pyuriko on

    Aku mengidaman sekali memiliki anak kembar kelak nantinya,… Tapi jika dilihat dari timbulnya resiko yang bisa terjadi… sprtnya mengerikan sekali😀

    Bukankan kembar itu terpengaruh oleh faktor keturunan juga?

  13. tukang ketik on

    pak, bahas primordial dwartism dong…

  14. M. Raul Yasin Widjayabrata on

    hebat yaaa….kembar enam?gak kebayang gimana nyusuinnya…

  15. Kana Haya on

    pengen juga siy punya anak kembar… tapi emang agak ringkih katanya kalo hamil n ngelahirin anak kembar… secara perutnya satu diisi dua bayi… satu aja udah ngeringkuk.. apa lagi dua.. sumpel2an… xP

    tapi anak kembar *apalagi yang cewe* tu lucu.. kalo didandanin pake baju n aksesorisnya kembaran juga.. beda warna bolehlah.. aihh… luthuuuuu xP

  16. - Nilla - on

    @ Kana : Makasih Kanaaaa… ;P Makasih udh bilang sayah lucu! x)

  17. triadi on

    wah asli deh, banyak yang ga ngerti istilahnya om..mbok rada di bikin ngepop dikit boleh ga…:)

    sepertinya bayi2 kembar berapapun bakal lebih terbiasa berbagi ya…

  18. JALOE on

    Dok sy denger2.. klau ngelahirin kembar itu biasanya faktor keturunan yach…

    photo di blog ku.. keponakan dok.

  19. Anisa on

    Dok, adik bapak saya punya anak kembar, adik suami saya juga kembar.
    Saya pingin banget punya anak kembar, 3 kali kehamilan (Alhamdulillah skrg lagi hamil nih..)tapi kok ya tetap saja satu. Adakah kemungkinan saya untuk mempunyai keturunan kembar ? apa ada cara/tips khusus untuk mendapatkan anak kembar ?
    Makasih seblmnya

  20. Anisa on

    Maksudku apa mesthi ngikutin terapi fertilitas/terapi yg lainnya gitu ?
    Kalau cara alamiah ada gak ? hehhehee…makasih

  21. EnDah Rezeki on

    Wah aku suka banget sama anak kembar, kadang masih suka heran sama anak kembar.hihihi.lucu n unik deh. temenku ada yang pny anak kembar. luthuuu banget.tahu ga sih om… dikantorku ini juga ada yang kembar lohhh. sama persis, sama2 pns lagi. meski persis banget, mereka berbeda. yang satu seriuuus banget yang satunya lagi humoris. trus buat ngebedain tuh yang satu ada tahi lalat dihidung yang satunya enggak, so ga terkecoh deh.

  22. Muhammad Mufti on

    Temanku punya anak pertama kembar, dia bilang repot sekali. Yang satu haus pengen netek, yang satunya lagi rewel karena pipis. Mesti gimana? repot khan.

  23. NN on

    ehmmmmmmmmm, ayah jago banget nulisnya , ( aku baru belajar komen, baru tahu caranya norax ya🙂 )

  24. Kana Haya on

    @-nilla-: jumi, pliz deh..

  25. Fatah on

    Pengen juga sih punya anak kembar ! tapi untuk sekarang2x ini, lebih kepengen nikah dulu🙂 *ya iyalah!*

  26. deen on

    hmm, kembar ya?..brarti harus dapet calon suami yg histori keluarganya pernah dpt kembaran jg donks..hmmm../*elus2 dagu

  27. primaningrum on

    terimakasih kunjungannya di blog saya. Alhamdulillah saya mempunyai triplet dan kesemuanya cewek (hayo tadi ada yang bilang kalo cewek lebih lucu ya…xixixi) dan benar dikatakan di artikel ini bahwa kebanyakan dari kasus kembar lebih dari 2 biasanya adalah dari sebuah terapi fertilitas. saya sudah menunggu selama 8 tahun dan akhirnya memutuskan untuk menjalani program IVF. dari 8 sel telur yang matang terdapat 4 yang sehat dan ditanamkan dirahim. dari ke-4 sel telur akhirnya hanya menjadi 3 janin yang akhirnya bisa lahir. kembar ke-1 lahir dg 1010 gr, ke-2 920 gram dan ke-3 dengan 600gr. kelahiran prematur 30 minggu membuat triplet saya menjalani perawatan di NICU. di usia ke-28 hari triplet ke-3 meninggal karena ada infeksi paru-paru. kembar ke-2 saya mengalami kebutaan karena ROP stadium 5. Alhamdulillah saat ini kembar saya amat sehat dan aktif sekali. triplet saya karena tidak berasal dari 1 sel telur jadinya baik wajah maupun karakternya sangat berbeda. sehingga jika besar nanti pastinya orang akan sulit mempercayai bahwa mereka adalah kembar. terlepas dari semua kesulitan mengasuh anak kembar, hanya pujian kepada Allah SWT yang terus terucap atas berkahNYA yang berlimpah kepada kami sekeluarga. ayo ayo main ke blog saya kalo mau tahu lebih banyak tentang triplet-ku… xixixixi (promosi mode on!)

  28. edratna on

    Salam kenal, setiap kali lihat komen mas Mashuri di blognya tukang ketik.

    Hmm…kembar? Terbayang deh repotnya, punya bayi baru lahir satu saja, udah nyaris bergadang semalaman. Terbayang bagaimana repotnya jika keduanya nangis bareng minta ASI.

  29. dani iswara on

    ampe skrg masi susah ngebedain mantan pacar temen yg kembar..mirip banget..untung cuman dua..😀

  30. Nona Nieke,, on

    ummbbbb…
    jadi penasaran..
    gimana sih rasanya ngelahirin anak kembar..?
    apalagi sampe 6 gitu..
    ck..ck..ck..
    emakku aja ngelahirin 2 aja tuh rasanya udah gimanaaaa gitu kata beliau..

    eh, tapi beneran gitu abi kalo kembar itu turunan..?
    ummbbb.. berarti keturunanku nanti ada kemungkinan…..gitu dehhh xD

  31. noki_afandi on

    em… jadi gitu nya klau mau punya anak kembar lebih dr 2 hrs nikah sm yg punya gen kembar juga. thank atas infonya

  32. awi on

    wah asyik bgt ya, sekali melahirkan dapat enam bayi, tapi nggak kebayang ngurusnya, btw infonya oke bgt, statistiknya juga, bagus, aku jadi tahu tentang fenomena bayi kembar

  33. Novee on

    Subhanallah… 6 yah?
    secara 1 aja brojolin nya kata org2 “sakit”

  34. bebek on

    wahhh ck ck ck…. gimana rasanya ya pak ngelahirkan bayi kembar enam… maksudnya rasanya besarin anak enam sekaligus, padahal tau sendiri dong pak… harga susu sekarang sudah gila2an… huehehehe..
    btw postingnya bagus, ngasih masukan2 baru😀

  35. mashuri on

    #matahari
    belum kepikir punya anak kembar, tapi kalo dikasih sama yang di atas kembar berapa aza mau..

    #vie
    kembar yang alami hasilnya memang ‘lebih baik’ dari pada kembar buatan. akan tetapi, seiring kemajuan teknologi saat ini kerugian tersebut mulai bisa diminimalkan, misal metode ICSI mampu mengurangi kelainan kromosom pada bayi tabung

    kembar identik melalui IVF sangat kecil kemungkinannya, tapi bukan berarti kemungkinannya tertutup sama sekali

    #maya
    ya moga cepat dapet momongan…usaha yang giat ya…

    #mela
    wah…kalo gak salah hari ini hari bahagianya mba ini, boleh dong sekrang disebut Nyonya Mela…

    #bakhriansyah
    teknologi dibuat untuk membantu, akan terus dikembangkan untuk meminimalkan kerugian-kerugian yang mungkin timbul..

    #mama rafi
    betul mba…

    #aribowo
    setuju..

    #nilla
    iya nih…kamu kembar identik atau fraternal ya?

    gimana perasaannya jadi anak kembar?

    #anang
    iya mas..

    #cempluk
    pasti dokter obsgyn-nya pusing tuh…

    #raida
    tapi biasanya makin banyak kembarnya…bayinya juga kecil-kecil…

    #pyuriko
    kembar yang alami paling sering twin…risiko-nya masih lebih kecil..

    betul, DIDUGA ada faktor genetik

    #tukang ketik
    sabar mas ya….saya data dulu seluruh manusia cebol di dunia dari yang biasa sampai selebritis he..he…

    suka nonton Entong ya?

    #m.raul yasin widjayabrata
    pasti gak cukup, makanya pake susu botol mba he..he..

    #kanahaya
    udah pengen ya…

    #tridi
    gimana Nilla, terbiasa berbagi?

    #jaloe
    diduga ada faktor genetis..

    #anisa
    terapi fertilitas hanya atas indikasi, efek samping terapi ini ya multiple birth (kelahiran kembar)..

    kalo kembar alamiah…ya tergantung pemberian yang di atas mba…

    #endah rezeki
    kembar identik memang kadang susah dibedakan…kalo kembar fraternal lebih mudah, bahkan kadang berbeda jenis kelaminnya…

    #muhammad mufti
    kayaknya harus bagi-bagi tugas sama bapaknya he..he..

    #nn
    senang dapet komen dari mas satu ini…he..he..

    #kana & nilla
    jangan berantem di sini ya…he..he..

    #fatah
    ya..iyalah…sekalian blogwalking..he..he..

    #deen
    memang diduga ada keterlibatan faktor genetis…ini masih terus diteliti..

    #primaningrum
    terima kasih mba atas sharing info-nya…

    salam kenal

    #edratna
    wah beruntung saya ngasih komen di blog-nya seleb (tukang ketik) sehingga blog saya ikutan ngetop..

    salam kenal mba..

    #dani iswara
    kembar itu emang unik sehingga kalo udah besar…kadang ada ‘semangat’ ngerjain orang karena kemiripannya. ini disebut fakers…

    #nona nieke
    bisa jadi…tapi masih diselidiki ‘gen kembar’ itu ikut ayah atau ibu?

    #noki afandi
    saya gak bisa memastikan…pengaruh genetis terhadap kelahiran kembar (alami), saat ini DIDUGA ada pengaruh genetis..

    #awi
    thanks

    #novee
    bisa juga dengan sesar mba…

    #bebek
    jujur saya kaget ada ‘bebek’ masuk sini he..he..*becanda*

    thanks a lot

  36. mashuri on

    #Pyuriko, Jaloe, Deen, Nona Nieke, dan Noki Afandi

    Studi tentang pengaruh keturunan (hereditas) terhadap kecenderungan mendapatkan anak kembar pernah dilakukan pada suku bangsa di Afrika, yaitu Yoruba di Nigeria. Hasil studi tersebut menunjukkan: pertama, ibu-ibu yang sebelumnya pernah mendapatkan anak kembar tidak memiliki tendensi untuk melahirkan anak kembar bila dibandingkan dengan ibu-ibu yang sebelumnya tidak melahirkan anak kembar.

    Kedua, para suami tidak membantu memberi kecenderungan untuk mendapatkan anak kembar.

    Ketiga, ibu-ibu yang dirinya merupakan anak kembar, tidak memperlihatkan kecenderungan yang lebih banyak untuk mendapatkan anak kembar bila dibandingkan dengan mereka yang bukan merupakan anak kembar.

    Berdasarkan itu jelaslah kiranya bahwa pewarisan kecendrungan untuk mendapatkan anak kembar itu masih belum jelas. Akan tetapi, adanya konsentrasi kelahiran anak kembar pada keluarga-keluarga itu juga tidak bisa dikatakan sebagai terjadi secara kebetulan.

    Oleh karena itu, pakar genetika mengambil simpulan umum bahwa kecenderungan untuk melahirkan anak kembar ada kaitannya dengan pengaruh genetik, yang ekspresinya ditentukan oleh ibu (maternal), dan pada umumnya terbatas pada kembar fraternal (dizigotik/tidak identik).

    Diyakini bahwa kembar dizigotik kemungkinan ditransmisi sebagai sifat resesif atau sebagai ciri (trait) autosom dominan khas female dengan ekspresi yang terbatas. Sedangkan untuk mendapatkan anak kembar identik, tidak ada peran faktor genetis.

    Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa kemungkinan kehamilan berikutnya kembar meningkat 4 kali lipat pada ibu yang kembar, dan risiko mempunyai kembar dizigotik kira-kira dua kali bagi wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan yang kembar dizigotik. Selengkapnya bisa dilihat di sini dan di sini.

    Pengaruh kromosom x terhadap kelahiran kembar identik sudah pernah diteliti tapi tidak didukung studi komparatif. Baca di sini.

    Sumber lain yang menarik juga untuk dibaca:ini dan ini.

    #Anisa
    Bagaimana meningkatkan kans memperoleh anak kembar dapat anda baca di sini dan
    di sini. Akan tetapi, pemanfaatannya sangat tergantung pada asfek medis, etis, yuridis, dan yang juga penting adalah pertimbangan hukum agama.

  37. - Nilla - on

    @ Mas Mashuri : Rasanya jd anak kembar??? Susah dijabarkan! Yg jelas rasanya bukan kayak stroberi… coklat… vanilla… *apa, seh?* ;P

    @ Triadi : Berbagi? Yuph, tepat sekali!😉 Udah belajar berbagi sejak berada dlm kandungan Mama!

    @ Kana : PEACE aja deh, biar ga slek ama Juragan! Ntar ga digaji lagi… x)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: