EAR FOREIGN BODY

Demam spiderman terjadi di mana-mana. Walaupun tidak sampai membuat temperatur tubuh naik, kehadirannya cukup membuat enthusiast mba ini, mba ini , mba ini, dan bahkan mba yang ini sudah “terjangkit” sampai 2 kali. Apabila mba ini ingin menanyakan apakah versi DVD ada release-nya, mungkin bisa konfirmasi dengan mas ini atau mas ini. Akan tetapi, opini mba ini cukup menghibur bagi orang seperti saya yang tidak (belum) menonton filem ini.

Kalau spider “palsu” mampu membuat orang menjadi “fever”, maka spider “asli” ini betul-betul membuat Jesse Courtney , seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, “meriang” bahkan sampai pingsan. Betapa tidak, sepasang spider berhasil masuk dan ngendon di dalam telinganya bahkan sepasang spider itu sempat membuat jaring. Entah bagaimana spider itu berhasil masuk ke dalam telinga anak itu, tak ayal membuat panik ibunya dan segera membawanya ke dokter. Beruntung dokter berhasil mengeluarkannya dari dalam telinga anak itu, dan spider seukuran penghapus pensil itu ditemukan sudah dalam kondisi mati dan spider satunya juga mati walaupun sempat hidup beberapa saat setelah dikeluarkan.

Dalam dunia medis spider tersebut dinamakan Foreign Body (FB) atau Corpus Alienum (sering disingkat dengan “Corpal”). FB merupakan benda asing di dalam (rongga) tubuh, yang dalam kondisi normal seharusnya tidak ada. FB bisa terdapat di mana saja, mulai dari lapisan kulit, tulang, mata, saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan telinga. Benda asing tersebut bermacam-macam mulai dari yang mati sampai yang hidup. Pada kejadian di atas, benda asingnya adalah dua ekor laba-laba yang masuk ke dalam liang telinga.

FB dalam telinga memang tidak mengancam nyawa tetapi membuat penderita merasa tidak enak sampai merasa sangat nyeri. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun bisa dibuatnya menangis. FB yang hidup seperti serangga akan senantiasa bergerak di dalam telinga, karena dia juga berusaha untuk mencari jalan keluar. Apabila serangga tersebut bergerak lebih ke dalam maka akan berisiko menyentuh gendang telinga (membrana tymphani=eardrum). Hal inilah yang menimbulkan nyeri. Selain itu, gesekan pada lubang telinga menimbulkan iritasi dan adanya benda asing yang menutup liang telinga membuat telinga tersebut seperti ”tersumbat”.

Apabila Anda mengalami hal seperti itu maka jangan panik, segeralah miringkan kepala Anda dimana telinga yang kemasukan FB tersebut berada di bawah. Tindakan ini dilakukan, dengan harapan FB akan gugur mengikuti gravitasi. Apabila tindakan ini tidak berhasil mengeluarkan benda tersebut, maka segeralah bawa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Selama diperjalanan sedapat mungkin posisi kepala Anda tetap miring. Jangan sekali-sekali Anda mencoba mengorek-orek telinga Anda dengan jari atau benda apapun. Tindakan itu menyebabkan FB semakin terdorong ke dalam, dan FB semakin sulit untuk dikeluarkan. Apabila fasilitas kesehatan jauh dari tempat tinggal maka Anda dapat memberikan minyak imersi atau minyak goreng dengan cara meneteskannya. Paling tidak tindakan ini dapat membuat lemes dan mematikan serangga tersebut. Selanjutnya, untuk mengeluarkannya Anda tetap harus membawanya ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Image is adapted from here.

24 comments so far

  1. Nieke,, on

    hOreeee.. pertaminax,,,,! hehe xD

    btw, aku mbaca postingan Abi yg ini rasanya kok kupingku geli sendiri ya..? xD

    aku juga kadang gitu Abi..
    rasanya kupingku suka geli2 gitu..
    padahal aku rajin lho bersihin kuping..
    apa karena ada benda asing itu ya..?
    cara ngedetectnya gimana?
    trus biasanya apa yg menyebabkan dia ada di tubuh kita..?

  2. Muhammad Mufti on

    Telinga kemasukan semut, suaranya hurug-hurug di dalam telinga. Gak deh, jangan sampe kemasukan hewan telinga ini.

  3. - Nilla - on

    Hmmm… jd inget. Dulu tanteku (adiknya Mama) jg pernah kemasukan semut api di telinga nya. Tanteku sampe nangis2 gitu karena katanya emang sakit bgt! Ih, serem deh… Jangan sampe aku jg ngalamin yg spt itu!

    Kalo aku sendiri sih belum pernah kemasukan semut ke telingaku. Tapi semut2 itu suka bgt kayaknya ngerubungin aku. Hmmm… kira2 kenapa, ya??? /:)

    *narsis mode : on*

  4. Anonymous on

    jadi pengen nonton spiderman.. ada yang bisa upload-in gak?😀

    thanks, info spider palsunya dok.. ngeri juga kalo sampe laba2 masuk ke lubang telinga kita.

    Joni Poetra

    nb: gagal manning komen 3 kali, jadi pake annonymous.😀

  5. Tina on

    Doh itu anting lucu amatzz

  6. JALOE on

    klau masuk ke telingaku pasti muntah tuh spidernya..abis saya jarang bersih2 telingga sih .hehe..

    btw saya juga blom tertarik nonton spider tuh DOK..lagi nunggu VCD Naga Bonar nih.

  7. Bakhrian syah on

    Heheheh… iseng banget tuh spider ke telinga… apa ga kebauan ya??? Kalo spiderman 3 yang ke telinga??? ga bisa bayangin kan gimana besarnya tuh lubang telinga… hahahahaha

  8. Agus Sanjaya on

    sepertinya saya sempat baca nih ceritanya di detik.com, tapi kalo gambarnya itu bukannya cewek yah? hehehehehe, tapi bagus nih beritanya…

  9. Yusuf Alam Romadhon on

    aku pernah nemuin pasien kemasukan kecoak besar… alhamdulillah bisa dibunuh dan dikeluarkan… nanti aku juga ada postingan tentang benda asing di telinga bang… don’t worry its quite different

  10. tukang ketik on

    hihihi…
    bu vitta bakal banyak temennya nih karena di link sama bapak.

  11. awi on

    wah syerem banget, spidernya sampe masuk ke 2 telinga, kalo nggak salah spider itu kan beracun ya. thanks

  12. Kana Haya on

    om..om… saya nonton dua kali juga karena sayang sama tiket gratisannya… sama pengen ngerasain nonton di bioskop baru :p biar kalo ditanya ga kalah gituw…

    *norak yah???

  13. mel@ on

    kalo kemasukan air juga berdengung-dengung gitu termasuk dong….
    tapi herannya… kalo kuping kemasukan air… kok ngeluarinnya harus pake air juga ya….
    ckckckckck…🙂

  14. Mama Rafi on

    mgkn krn blum kesampean ntn si spidy bbrp hr kmrn rmhku byk kedatangan laba2 besar, apa hub.nya ya pak dokter??..:D

  15. pyuriko on

    Pake terapi lilin boleh jg gak??? untuk membersihkan kotoran di telingan???

  16. ammah on

    ANEH…
    tapi keren tuh maenan telinganya heheee.

  17. Syafiq Baktir on

    Pernah telingaku kemasukan nyamuk sampai tiga kali. Dikorek pake cotton bud cuma dapet kakinya. Lalu ditetesin air trus dibalikin, keluar deh nyamuknya. Dapet beberapa minggu masuk lagi nyamuk kedua dan sebulan lagi yang ketiga. Cara ngeluarinnya juga sama. Habis itu sampai sekarang gak pernah lagi. kapok mungkin.

  18. CempLuk on

    wah bnr2 mantap mas mashuri ini, demam spiderman bisa dihubungkan FB..^_^ bnr tuh mas, demam spidey sampai menyihir kota Surabaya..hepi holiday mister..

  19. Milda on

    Hiyyy…baca posting ini aja rasanya udah ‘nyeri’..
    Waktu kecil telingaku jg pernah kemasukan ‘unidentified object’…yg ada aku gak brenti-2 nangis sampe ‘dia’ berhasil dikeluarkan..horornya, ‘dia’ itu sejenis binatang berkaki banyak..True story nih pak dok, scary yak ?!

  20. mashuri on

    #Nieke
    FB dalam kondisi normal tidak ditemukan. Jad kalau ada biasanya langsung bisa dirasakan. Membersihkan telinga juga harus hati-hati lho Nieke karena kapas Cotton Bud itu tidak jarang ketinggalan. Ini disebut benda asing juga.

    #Muhammad Mufti
    He…he….memang suaranya begitu ya?

    #Nilla
    Ada gula ada semut. Berarti kamu…….?

    #Joni Poetra
    Hayoo siapa yang mo nolongin mas Joni tuh?

    #Tina
    Iya antingnya sekalian untuk menangkal masuknya benda asing….he…he…

    #Jaloe
    Kalo naga bonar kayaknya tertarik juga neh…

    #Bakhrian Syah
    Gimana lagi serumennya ya?….he….he….

    #Agus Sanjaya
    Image itu sepertinya memang ceWek (?)…..only for illustration

    #Yusuf Alam Romadhon
    Yap…ditunggu.

    #Tukang Ketik
    Thanks mas Adi, saya “nemu” bu Vitta melalui Anda..….

    #Awi
    Kalau pada cerita di atas sepertinya gak….yang beracun itu “black widow spider”.

    #Kana Haya
    Klarifikasi dari mba Kana diterima…..he…..he…..

    #Mel@
    Kemasukan air ditelinga, trus dimasukkan lagi air ini memanfaatkan sifat kohesifitas air sehingga air bisa “ditarik” keluar.

    #Mama Rafi
    Wah….beneran nih mba? Hati-hati lho mba, jangan “mbah”-nya spider..Sebesar apa seh?

    #Pyuriko
    Rasanya saya pernah dengar terapi ini, tapi metodenya saya tidak tahu. Kotoran telinga (serumen) harus dikeluarkan langsung, tapi tidak dianjurkan mengeluarkan serumen dengan menggunakan cotton buds.

    #Ammah
    FB memang aneh mulai dari kacang ijo, belalang, semut……

    #Syafiq Baktir
    Mungkin nyamuknya berpikir ”dari pada menghadapi risiko dipatahin kaki mendingan cari tempat lain aza”….

    #Cempluk
    Have nice weekend….juga…

    #Milda
    Wah….lebih mengerikan lagi ceritanya mba ini…Syukurlah bisa dikeluarin…

  21. maya on

    pak dokter, kalo kita makan sayur yg ada ulatnya trus ulatnya masuk perut, apakah ulat itu bakal jadi FB yg hidup di dalam tubuh kita atau hancur bersama makanan?
    hiks hiks..jadi serem makan lalapan mentah😦

  22. mashuri on

    #Maya
    Kalo ulat kayaknya lebih mudah mati di dalam saluran pencernaan. Tapi, kalau cacing sering bertelur dan kalau jumlahnya sangat banyak maka juga dapat menjadi FB.

  23. Novee on

    wuaaaa.. sepasang spider nyari tempat buat hanimun ampe sempet bikin ‘jaring cinta’ di kuping???
    WHATS?!!! secara saya udah 2 kali kemasukan nyamuk, rasanya nikmat bukan main… sampe nyaris gila!
    *untung cuma nyaris… ato memang sdh gila dr sana nya kali…*
    yg pertama sih wkt msh kecil, walhasil dibawa ke dokter THT trus disemprotin cairan dg alat yg mirip suntikan tp yg maha dahsyat ukuran nya *ga kebayang deh, kalo pan*** saya disuntik pk ginian* yg mengakibatkan telinga saya ada suara bergemuruh nya, trus kluar deh itu nyamuk iseng nya…
    wuahhh legaaa….
    yg kedua skitar staun yg lalu, langsung aja masukin air bersih, trus tebalikin posisi telinga nya, lalu nyamuk itu kluar dg sendiri nya bersama air dalam keadaan tak bernyawa… *salah sendiri…*

  24. tia on

    Waah… Maakaaasih bangeet sama postingan ini, baru aja aku terbaangun dr tidur krn kemasukan nyamuk, mungkin ke THT aja ya, takut maasukin air sendiri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: