BODY’S BIOLOGICAL CLOCK

Irama sirkadian merupakan perubahan fisik dan mental yang terjadi secara teratur setiap hari. Irama tersebut dikontrol oleh body’s biological clock yang terletak dan merupakan bagian dari otak dinamakan suprachiasmatic nucleus (SCN) yaitu bundel saraf (mengandung sepuluh ribuan sel saraf) berada di persilangan dua jaras saraf mata, berposisi sekitar 3 cm di bawah mata. Irama tersebut sampai saat ini diketahui berbeda-beda baik untuk keadaan tidur, terjaga, lapar, kepekaan terhadap obat, rasa nyeri, dan seks.

Tubuh manusia termasuk makhluk yang terjaga waktu siang (diurnal) dan cenderung tidur apabila malam. Akan tetapi, tubuh manusia bisa “diset” menjadi makhluk yang terjaga pada malam hari (nocturnal), seperti terjadi pada pekerja malam, atau yang pekerjaanya bergilir pada malam hari. Apabila terjadi perubahan irama kegiatan tubuh manusia, umumnya hanya perlu waktu sehari dua untuk menyesuaikan diri, kemudian berlangsung pulih seperti sediakala. Hal ini juga dapat kita temui pada orang-orang yang melintasi dua tempat yang mempunyai zona waktu yang berbeda. Tubuh mendadak mengalami perubahan akibat reaksinya dengan lingkungan di luar yang mendadak berubah dari malam jadi siang. Dengan demikian, irama tubuh berubah yang semestinya waktu tidur jadi waktu terjaga, dan sebaliknya. Keluhan yang mungkin timbul akibat perubahan mendadak itu apa yang kita kenal sebagai jetlag. Contoh, jika Anda (orang Palembang) melakukan perjalanan ke Menado. Di Menado, Anda akan merasa mengantuk saat alarm pagi hari berbunyi pada pukul 07.00 WIT, sebab jam tubuh Anda masih pukul 05.00 WIB.

Pada pagi hari produksi endhorphin tubuh sedang tinggi-tingginya, sehingga minum kopi tubruk bapak ini tidak terasa lebih panas di bandingkan sore hari. Selanjutnya, sekitar jam 11.00-an, daya ingat dan intelektual memuncak, sehingga pekerjaan yang memerlukan otak, bagus hasilnya jika dikerjakan pada jam-jam tersebut. Anda akan banyak kehilangan kesempatan baik apabila pada waktu tersebut lebih banyak dihabiskan di tempat tidur alias tidur.

Menjelang pulang kantor, metabolisme tubuh mulai berubah, sehingga sistem saraf otonom lebih bergiat dibanding jam-jam sebelumnya. Banyak berkeringat, napas agak berat, dan darah mengalir lebih deras ke kulit wajah merupakan bagian dari jam-jam menjelang pulang kerja. Detak jantung lebih kuat, sehingga perlu waspada jika berada dalam situasi stres atau berkontak dan berinteraksi dengan orang lain. Pada saat ini, apabila kita berada di tempat umum seperti dalam alat transpor semacam bus umum, mikrolet, dan kereta api tidak jarang berpandangan mata saja menjadi tatapan curiga, setiap percakapan bernada garang, dan penciuman kita menjadi sangat sensitif terhadap aroma keringat “tetangga” dibanding aroma keringat sendiri. Hal ini semakin membuat kita lebih sering menahan napas. Akibatnya, kadar karbondioksida dalam pembuluh darah makin tinggi sehingga membuat kita makin mual, “pusing”, bahkan kadang sampai muntah.

Pada sore hari menjelang waktu maghrib aneka hormonal tubuh mengalir dalam darah, tekanan darah harian mencapai level puncaknya, dan emosi mudah meledak. Waspada, jangan cari gara-gara atau perkara dengan siapa pun. Sebaiknya, tahan berbicara sebab pada jam-jam ini salah paham bikin gampang marah. Pada waktu-waktu begini sebaiknya kita sudah mandi. Dengan begitu badan terasa segar dan ‘hawa’ dingin diharapkan mampu membuat hati kita menjadi cool.

Menjelang tidur, sekitar pukul 23.00-an tubuh dalam kondisi sudah pada level paling lemah. Dalam kondisi ini tenaga sudah hampir habis. Tidur merupakan pilihan bijak. Akan tetapi, pada saat tengah malam sampai dinihari mesin tubuh bekerja paling lamban. Pasokan darah dan oksigen ke organ-organ tubuh jauh berkurang. Oleh karena itu, untuk mengembalikan pasokan yang optimal sangat dianjurkan bangun pada waktu-waktu tersebut (sepertiga malam) untuk melaksanakan aktifitas bermanfaat misalnya shalat malam. Selamat mencoba.

Other Source from here.

Image adapted from here.

30 comments so far

  1. Nieke,, on

    Horeee.. pertamaxxx! hehehe.. xD

    ummbbb.. btw, kalo saya punya pola spt ini:
    hari2 ngampus: bangun pukul setengah 6, berangkat kampus, trus pulang pukul 13.00. biasanya ngenet bentar trus tidur pukul 15.00. bangun2 dah pukul 18.00 aja, trus ntar tdr lagi pukul 19.30. sampeee pukul 22.00 bangun lagi.. trus blajar, ngenet, ngerjain tugas2 nonton tipi sampe pukul setengah 3-an dini hari. hehehe.. trus bangun lagi pukul setengah 6-an begitulaaahhh seterusnya.. [saya kul senen-jum’at dari pukul 7.30-13.00]
    hari libur: bangun2 jam 12 siang! huehuehue.. *ampunnn, jgn marahin saya utk hal yg satu ini ya dok x)* trus ngelakuin aktivitas, sampe akhirnya tidur lagi pukul 4 ato 5 dini hari.. hihiii..

    pertanyaan saya: sehat ga sih itu dok..??? specially untuk anak yg sedang dalam tahap tumbuh kembang seperti saya?? *huuu… sok muda neyh si Nieke.. xP*

  2. rey on

    Asikk… pertama…!
    kayaknya jam terbang aku suka beda deh. Pagi sampe siang aku suka pusing, kalo pas kebetulan stamina lagi drop, demam sepanjang hari. Tp biasanya menjelang jam 5 semangat hidup tiba2 bangkit, wajah mendadak jadi sumringah, berseri2 dan bercahaya. Itu… kira2 kenapa ya pak?? ada yang salah.

    Salam kenal dari komentator ngaco😀

  3. Nieke,, on

    eh salah! kuliah senen sampe kamis mapsudnya.. jd libur 3 hari gitu.. maaph.. maaph.. salah ketik x)

  4. rey on

    yaahh sori… gak jadi pertama, tp kedua dan ketiga, yah gak papa lah… yang penting meninggalkan kesan, hehe… (apa sih?)

  5. Nieke,, on

    @ Rey: hihii.. mbak rey, skali lagi ampun kanjeng ratu Rey.. sepertinya emang bener2 “berkesan”. heuheuheu xD

  6. awi on

    wow artikelnya bagus banget, ok deh thanks ya, udah ngasih tahu kita kalo jam 23.00 kita mesti tidur, dan sepertiga malam terakhir kita mesti bangun sholat.

  7. CempLuk on

    trims info nya mas…Istirahat memang pilihan bijak.. tapi bagaimankah jika bsk ada deadline tugas atau ujian (kan biasanya begadang tuh)..:(

  8. Yusuf Alam Romadhon on

    jadi kalong coz terus-menerus nge-blog kayaknya juga merubah jam biologis ya…

  9. manler on

    Kalo untuk orang yang jam kerja seperti aku piye mas?
    kadang jam kerja-nya siang kadang malam…
    Jangan2 metabolisme aku dah ngaco kali ya…????

  10. joni on

    hahaha.. itu nieke dan rey berebut komen yg pertama…

    kalo disini aku sdh kebalik gaya hidupnya, malam melek dan pagi habis subuh baru tidur.. udah kek kalong sekarang..😀

  11. Bakhrian syah on

    Perlu penyesuaian tuh dengan kondisi baru… mungkin kalo beda 1-2 jam ngga terlalu masalah… tapi ketika beda ampe 6-7 jam…gimana coba??? Orang lagi beraktivitas… kita mabok menahan kantuk…

  12. Anisa on

    Sampe skrg saya msih ikutin jam tidur di Surabaya, Biasa tidur jam 11 atau 12 kebawa sampe sini baru bisa tidur sekitar jam 1-2 an..dan anehnya pagi2 kok segera bangun ya…Kenapa ya dok ? sampe sekitar mata saya nih kelihatan sayu/pucat bener..habis siang gak pernah tidur juga.
    Apa ya dok solusinya..

  13. triadi on

    siklus biologis emang kadang berbenturan ama siklus kerja, apalagi dedlen…

    saya pernah nanya helmi yahya katanya sehari hari dia tidur cuma sekitar 4 jam? dan esoknya tetep fit dan mantep beraktivitas..gimana tuh caranya mas?

  14. Syafiq Baktir on

    waduh, pola tidur saya ngawur mas. Biasa tidur setelah subuh bangun jam 10.. trus melek lagi sampe subuh.. (kantornya dirumah sih) Sudah berobat kemana2 ndak ada hasilnya. Minum obat tidur juga ndak mempan. Coba cara hipnotis.. bertahan tiga hari trus balik lagi.. Hmmm gimana ya?

  15. JALOE on

    Mas saya mau tanya, dan ini juga denger selewatan sih… bahwa makanan yang kita makan di pagi hari contohnya, bisa mempengaruhi mood dan psikologie kita… jika benar makanan apa yang pantas untuk sarapan di pagi hari biar tubuh ga loyo dan ga cepet marah ..hehe..thank sebelumnya.

  16. mel@ on

    siklus?… biasanya si sebulan sekali… itu pun cuma 7 hari… eh salah ding… itu siklus yang lain ya… hehehe…
    siklus aku itu… jam 10 malem udah dengerin 4 mata… hehehe…
    jam 8 pagi udah ke kantor…
    normal kan siklus aku?…

  17. dani iswara on

    jam biologis saya ngikutin bobo si kecil..ini ngeblog pas si kecil bangun..nanggung..bobo lagi..😀

  18. pyuriko on

    Tipsnya boleh jg….

  19. Anonymous on

    wuih salut deh, postingannya berisi banget, info yang sangat bagus keep it up bro sukses

  20. aribowo on

    info yang menarik..

  21. My Alter on

    makasih mas infonya…:)
    boleh dong ya sekalian konsultasi..disamping komen..he he he
    begini pak dokter…saya juga baca informasi ini…dari email berantai sih…bahwa jam 11 pm s.d 5 am adalah waktu tubuh untuk mengeluarkan racun2 yang ada di dalam tubuh yang mungkin di dapat dari makanan, minuman ataupun dari udara yang kita hirup pada hari tersebut…dan diharapkan pada jam2 tersebut kita berada pada posisi tubuh serelax mungkin..dengan kata lain istirahat total yaitu tidur…
    nah..pertanyaan saya, apakah hal tersebut benar dok…nah kalo begitu bagaimana dengan bangun jam 3 yang dianjurkan di dalam keterangan di postingan ini..aga berlawanan ya dok…gimana tuh pak dokter…mungkin ada penjelasan untuk itu..makasih banyak ya pak dokter penjelasannya…..:)

  22. 'N on

    Kalo selama ini, Alhamdulillah deh lancar2 aja pa dokter. Kalo pun tidurnya mpe kemaleman gitu *alias ngeronda* jarang banget kalo ga penting2 coz kalo keseringan bisa berabe pagi-paginya. Bisa2 pagi2 bawaannya ga fresh mata kiyup2. Wahhhh ra penak!

  23. NiLA Obsidian on

    hmmm……cuman…kebiasan jam bilogis yg buruk utk kesehatan lebih susah diilangin ya….
    gimana tuh?
    bangun siang, tidur subuh…..

    *hehehe…emang pemalesan aja kale*

  24. CempLuk on

    yah saya pernah ngalamin ngerjain tugas jam baru mulai jam 23 malam sampai shubuh, setelah itu teler dan bablas sampai jam 10an pagi, tapi kadang pernah bangun jam 7 pagi (tidur cuma 2 jam saja),it’s ok.mas, bnr nya ngantuk itu perasaan kita aja kan ?? ato bagaimana ?? karena saya pernah ngalamin utk mencoba mengilangkan sara ngantuk, dan bisa.

  25. mina on

    lah saya malah paling bersemangat tengah malam sampe pagi pak😀 kalo dah pagi sudah males lagi, sampe malam jam 10😀 maunya ngeblog dan nonton bioskop aja terus😀

  26. Tina on

    Kalo jam 23.00 buat aku malah kondisi terbaik, pas semangat2nya bikin design atau olah raga malam, hahaha.. sshhh

  27. aVank on

    wah..
    dirikuw malah kalo bangun pagi2 jam 3 misalnya
    mending ngenet dan baca2 berita

  28. Milda on

    Biological clock-ku yg paling nyebelin itu kalo pas PMS..hehehe..berasa jd ‘nightmare’ aja buat org-2 sekitar..

    hmmm…ngantuk ‘bro, berarti waktu biologis untuk tidur (lagi) ya..(masih pagi wooiii…)

  29. mashuri on

    Maaf kalo jawabnya telat banget:

    #Nieke
    Yang penting tidur sehari tidak kurang dari 6-8 jam. Jam biologi kita akan menyesuaikan dengan sendirinya dan kelelapan tidur kita juga harus dipertahankan….

    Bagaimana supaya tidur lelap? Silakan Anda cari lewat om google….he..he…

    #Rey
    Kalo demam (temperatur>=38) sepanjang hari….wah kayaknya kamu harus cek lab tuh…

    #Awi
    Jam biologis itu sebenarnya “terlahir” dari kebiasaaan (rutinitas) dan konsistensi individu dalam aktifitas sehari-hari. Akan tetapi, sebaiknya kita menyesuaikan jam biologis individu dengan jam biologis yang sudah ada.

    #Cempluk
    Kalo sekali-kali begadang karena ada keperluan, berarti insidental. Itu tidak mengapa, sepanjang tidak menjadi kebiasaaan. Kalau dilakukan sepanjang waktu, berarti tubuh ”terpaksa” menyetel kembali jam biologis Anda.

    Mengantuk merupakan ”signal” insitu kepada tubuh agar istirahat. Ini berhubungan dengan pusat tidur di otak, sistem saraf otonom (SSO), dan hormonal. Jadi memang bersifat modified. Kalo anda minum kopi ini berarti memodifikasi SSO, yang membuat Anda terjaga dan sekaligus bolak-balik ke belakang (diuretic effect). Tapi, biasanya bersifat sementara. Artinya, itu mungkin hanya terjadi sewaktu-waktu.

    #Yusuf Alam Romadhon
    Wah kalo kalong emang jam biologisnya beda dengan kita manusia….He…he….

    #Manler
    Keteraturan lahir dari rutinitas yang konsisten. Ini sangat membantu jam biologis tubuh. Akan tetapi, jam biologis akan senantiasa ”menyetel” waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari.

    #Joni
    Nah, berarti jam biologis mas Joni telah distel ulang. Kalo sudah kembali ke Palembang, tubuh pasti akan menyetel ulang jam tersebut kembali..

    #Bakhriansyah
    Betul, semakin lebar perbedaan zona waktu, tubuh akan semakin merasakan efek jetlag.

    #Anisa
    Kalo setelah tidur badan terasa segar, berarti istirahat Anda berhasil. Kalo belum berarti harus nambah jam tidur dan memelihara kedalaman tidur. Kualitas tidur selain ditentukan oleh lama tidur juga oleh kedalamannya.

    #Triadi
    Wah kayaknya ”stelan“ jam biologis Helmy Yahya beda ya? Tapi, saat ngomong Helmy tidak sedang ngiklanin produk suplemen khan? He…he…

    Sepanjang hari, tubuh mengikuti irama alamiahnya dan hanya kitalah yang paling tahu kapan badan terasa fit, pukul berapa mengantuk, dan kapan saat paling tepat untuk memulai aktifitas. Tapi, pada umumnya kesiapan mental paling prima untuk bekerja adalah pagi hari. Irama hidup rata-rata orang kota besar yang lebih bergegas banyak memompa adrenalin ke dalam darah. Akibatnya, organ tubuh lebih bergiat, lambung lebih asam, detak jantung lebih cepat, dan otot-otot bekerja lebih keras. Istilah populernya “manager disease“, penyakit orang mapan yang hidupnya selalu bergegas dikejar waktu.

    #Syafiq Baktir
    Stelan jam biologisnya sudah fixed kayaknya neh? Berarti tidurnya sekitar 6 jam-an berarti cukup dunk…dan pelihara juga kedalaman tidurnya.

    Masalah tidur ini juga tidak selalu sederhana urusannya untuk semua orang. Ada orang yang tidak selalu mudah tidur kapan saja di mana saja. Insomnia sejak muda bukan kasus langka, biasanya berawal dari habit. Akhirnya menetap. Kalau itu tidak mengganggu aktifitas Anda (hablumminannas dan hablumminallah) ya gak masalah. Akan tetapi, sebaiknya memang kita menyesuaikan dengan irama biologis alamiah.

    #Jaloe
    Selain tidur, makanan juga perlu mendapat perhatian.

    Perlu diingat bahwa makan beberapa kali sehari dalam porsi kecil lebih baik ketimbang makan tiga kali dalam porsi besar. Ini berguna untuk untuk menghindarkan tubuh dari lonjakan kadar gula darah pemicu kelelahan.

    Selain itu, nutrien (nilai gizi dalam makanan) juga perlu mendapat perhatian. Biasanya komposisi nutrien seimbang terdiri dari Karbohidrat:Lemak:Protein=6:3:1.

    Yang penting juga adalah kecukupan cairan. Kita tinggal di negara tropis, yang tanpa sadar banyak menyerap air tubuh kita melalui keringat atau penguapan. Paling tidak dalam sehari kita perlu air sekitar 2 liter. Kekurangan cairan juga menyebabkan kita kelelahan.

    Silakan Anda boleh memilih menu sarapan pagi yang di sediakan oleh ibu/isteri Anda di rumah. Bisa dengan segelas susu++telur++nasi…Kalo masih terasa kurang silakan Anda tambah dengan Roti Tawar ++selai++Jus buah…..Jadi pengen juga neh….

    #Mela
    Kamu ”dengar” empat mata diradio?Radio apaan tuh….ha…..ha…..

    Kalo tetamu yang datang tiap bulan itu, itu memang distel hanya sampai usia sekitar 40-45 tahun. Jadi manfaatkan lah sebaik-baiknya selama dia masih rutin mengunjungimu….

    #Dani Iswara
    Emang bagi bayi hanya ada istilah ”terjaga saat minum susu” he…he….

    #Pyuriko, Anonimus, Aribowo
    Thanks.

    #My Alter
    Relax tidak sama dengan tidur. Relax bisa dicapai dalam kondisi terjaga, misalnya dalam keadaan shalat.

    Walaupun saya tidak tahu persis tema e-mail berantai yang Anda maksudkan, akan tetapi kalau yang anda maksudkan tentang ”relax”, menurut saya tidak ada yang berlawanan.

    Akan tetapi, metabolisme makanan tidak dikotomistis tapi lebih sinkronisasi. Misalnya, Anda makan pagi jam 08.00 hal ini berarti 4-6 jam kemudian sudah selesai dicerna oleh lambung dan sebagian sudah ada yang diserap ke dalam darah. Oleh karena itu, sekitar jam 13.00 siang tubuh perut kembali ”minta”jatah makan siang lagi terus begitu lagi, dan seterusnya begitu juga dengan makan malam.

    Jadi, saya sependapat bahwa pencernaan telah dimulai saat Anda mulai mengonsumsi suatu makanan atau minuman. Pencernaan tidak dibatasi oleh waktu (12.00-20.00). Pecernaan ini akan senantiasa sinkron dengan proses penyerapan zat-zat makanan.

    #N
    Kayaknya jam biologis-mu tertata rapi ya….Gak tau ya kalo udah m*r*d ntar….he….he…

    #Nila Obsidian
    Bodys Biological Clock berbeda-beda tiap orang bahkan juga ditentukan umur. Anak kecil biasanya bangun pagi sekali yang acap kali membuat repot ortu-nya (terutama ibu-ibu seh..he…he…). Setelah tumbuh besar, jam biologisnya mulai bergeser ke belakang. Pada usia remaja, pergeseran ini mencapai titiknya yang terakhir.Mulai usia 20 tahun jam itu kembali berangsur-angsur bergerak ke depan lagi. Saat ini remaja diibaratkan burung hantu dan ”pensiunan” sebagai burung Lerche. Namun, poin penting-nya adalah jika hidup melawan jam biologis maka badan akan mengalami stress. Pakar menyebutnya sebagai social jetlag.

    #Mina
    Tapi kulihat kamu paling bersemangat ke kampus di pagi hari. Hayooooo?

    #Tina
    Hush….ssttttttt…….ati-ati lho di sekitar sini banyak ABG…..,
    ABU (anak baru UTS)…..,
    ABL (anak baru liburan), he…he…he……..

    It’s not a adult site….ha…ha…ha…….

    Btw, menurut jam biologis pada jam segitu (11 malam) tubuh dalam kondisi pada level paling lemah.

    Para suami-suami udah pada tau kalo “olahraga m*l*m” perlu tenaga dan kalori setingkat maen tennis ato pingpong (kalo gak percaya tanya ama Joni, Yusuf, Dani, Syafiq….he…he.).

    Dalam kondisi hampir kopong begitu, alih-alih mau………, gak pun udah teler. Maka, sebaeknya tundalah sampai paginya, supaya bisa menjadi “sarapan kedua”…he….he…he…..(Ini gak dianjurkan untuk Joni…..karena dia lagi Jomblo di negeri Hindustan sono). Gimana mba Tina?

    #Avank
    Untuk nginet jam segitu memang sesuai motto:Akses mudah…..biaya hemat…. he…he…

    #Milda
    Nah….kalo mba ini harus siap-siap slalu obat pengusir nyeri dunk…..

  30. Anang on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: