MATEMATIKA ITU ‘MENYEHATKAN’

Matematika sering jadi momok bagi sebagian besar anak sekolah. Tidak hanya sekolah dasar, bahkan saat kuliah pun mahasiswa sering dibuat mumet dengan pelajaran yang satu ini.

Kalo Anda telah menemukan langkah kunci, ternyata matematika tidaklah serumit yang dibayangkan orang. Dia akan menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Misalnya, penyelesaian persamaan aljabar di bawah ini yang imejnya telah saya modifikasi dari sini.


Kalau Anda disuguhi soal yang saya sitasi dari sini, pasti gak banyak makan waktu untuk menyelesaikannya. Anda hanya butuh 2 kali gerakan tangan.


Apalagi untuk soal berikut yang diambil dari sini, Anda pasti tidak sulit menemukan x, bukan?


Prosesor paling canggih pun tidak akan mampu menyamai kecepatan berpikir Anda bila menyelesaikan soal matematika yang disitasi dari sini. Dalam waktu sepersekian detik Anda pasti sudah menemukan jawabnya.


Atau, soal limit yang diambil dari sini akan memberikan pelajaran penting bahwa contoh soal tidak selalu dapat dijadikan acuhan.

Matematika juga bisa untuk having fun dengan teman. Ini tentu mengasyikkan dan lebih bermutu dibandingkan dengan sinetron Indonesia. Anda bisa mengambil salah satu bulan pada penanggalan masehi. Misalnya, bulan Maret 2007. Pilihlah 3 hari kedepan, lalu diikuti angka yang ada di bawahnya 3 baris dan 3 kolom sehingga seperti membentuk bangun bujur sangkar. Nah, penjumlahan seluruh angka yang ada dalam bujur sangkar tersebut akan sama dengan bilangan terkecil di tambahkan dengan 8 lalu hasilnya dikalikan dengan 9. Lihat kalender berikut yang telah difotoshopikasi dari sini.


Kalau Anda berminat berikut akan saya berikan sedikit ilustrasi. Misalnya, jumlah seluruh bilangan yang membentuk bujur sangkar (blue line) tersebut adalah 126, yang sama dengan hasil dari 6 (bilangan terkecil) ditambah 8, lalu dikalikan 9. Nah, Anda bisa maen tebak-tebakkan dengan teman bukan?

Asyiknya matematika itu kadang terletak pada ”kerumitannya”. Dia bisa menjadi olahraga bagi otak Anda. Silakan perhatikan 2 bangun segi tiga di bawah yang terdiri dari bangun-bangun kecil yang sama dan sebangun. Mulailah ‘berolahraga’ dengan mengamati bangun-bangun tersebut dan carilah dari mana celah itu berasal?. Saran saya Anda harus hati-hati karena salah-salah bisa mati penasaran oleh pics yang diadaptasi dari sini:

27 comments so far

  1. Milda on

    Asyik sihh…tp bukan buat dicari penyelesaian soalnya…asyik kalo ada yg ngasih jawaban..(mantan yg ‘payah’ matematika-nya nihh..😀 )

  2. putri_angga on

    hmmmm,,, emangggg emberrrr… matematika itu asyik!!!
    (yahhh… daripada fisika)

    dulu ebtanas matematika-ku, nilainya 9,8… thats cool banget…
    aku pengen masuk matematika ITB/UI. Aku ingin kerja di dunia perbankan. Tapi nembusnya di UPI a.k.a IKIP Bandung.
    Karena lulus di kebidanan juga, i prefer this… ya nggak feel sihhh, tapi ya gimana,,,, aku merasa tersesat di jalan yang benar.
    atematika? I love it banget. Its really damn!

  3. Nieke,, on

    haduh, aku kok lemod banged yak blajar matematika?

    suka sih suka, bahkan dulu sempet akrab juga sama guru2 matematika di skolahku. soalnya guru matematikaku dulu asik2.

    tapi pas terima raport, ttp aja nilainya rendah. sama fisika tuh. hihii.. tp papa ttp bilang, “gpp, nak. yg penting udah usaha”. hehe😉

    *lho? kok saya jadi curhat disini? oops, sowwwiiieee xD*

  4. Adilla on

    Hehehe..menarik, Mas🙂. Sayang dari SMA saya nggak jago matematik nih, mungkin kalo tahu cara belajar yang menarik bakalan lebih seru yah🙂. Thanks for posting.

  5. Mama Rafi on

    kalo ilmu pasti bisa dijawab pake logika aja pasti menarik ya🙂

  6. Kana Haya on

    nyerah deh kalo sama matematika!
    salah satu alasan kenapa ngabur kuliah di sastra juga karena menghindari matematika. sumpah… ga mau urusan deh! tapi kemaren ada muridnya Ibu yang mau es matematika malah disuruh aku yang ngajarin… *maap ya dek kalo salah.. kakaknya lemot matematika! hehehe*

  7. BAKHRIAN SYAH on

    Mas… segeralah bertobat… karena yang kamu ajarkan itu ilmu sesat…. banyak ga benarnya…. hehehhee. Tapi lucu sih… (mode Einsten: ON).

  8. hery on

    harus ditumbuhkan kegemaran bermatematika ini, karena dalam semua ilmu menurutku dasarnya dari matematika. Jadi kalau mahir matematika, maka akan lebih mudah menguasai ilmu yang lain.

  9. manler on

    Mungkin jika dulu matematika diajarin seperti ini, wah buat aku yang payah tung-itung pasti kalo lagi pelajaran matematika ga bakal liatin jam mulu.. liatin jarum panjang ama jarum pendek..:D

  10. mel@ on

    ntar ntar… ini nih mesti semedi dulu… mesti tapa dulu… baru bisa keluar jawabannya… hihihi…

  11. awi on

    hahaha lucu, asik juga ya kalo belajar matematika di kelas seperti ini, pasti nggak ada yang BT, semua pada fun. thanks ya

  12. Iko on

    Belajar matematika itu memang menyenangkan,… apa lagi kalo sudah ditingkat kuliah, ada yg namanya kalkulus,… ffuuiiihhh,…. bermain dgn angkat dan penuh dengan logika…. memang bener menyenangkan…

  13. Nuha on

    Sebenarnya aku suka sama matematika, tp dianya gak suka sama aku,.. orangtuanya (guru matematika) gak setuju…hiikkkzzz…

    Jadi suka sama yg lain deh,… coba kalo dia suka, aku udh jadi ilmuwan deh…😀

  14. triadi on

    hehehe…lucu penyelesaiannya…;D

    kebetulan saya lagi bikin cd interaktif matematika smp..

    btw bisa nih dicopy..hehehe

  15. Syafiq Baktir on

    waduuh, jadi tambah pusing palaku…
    urusan hati belum selesai, urusan bangsa belum seselai… eh kena urusan matematik… wehehehehe

  16. - Nilla - on

    Hehehe… matematika itu paling asyik kalo udh nemu jawabannya. Rasanya gimanaaaaa… gitu.

    Tp kalo udh mumet… Wuuuiiihhh… rasanya mau “tak sobek-sobek” aja deh tu buku! ;P

  17. joni on

    matematika memang mengasyikkan, apalagi kalo dibuat games interaktif seperti ini.. jadi bisa tertawa gara2 matematika..😀

  18. Anonymous on

    matematika…? Duh…njlimet banget tuh..kadang2 mengasyikkan kadang juga bikin jutek…Akhirnya dgn penuh perjuangan mata kuliah matematika 1,2,3,sama matematika teknik lulus juga…

    anisa

  19. My Alter on

    kalo matematika seperti postingan ini yaaa pasti ga ngebosenin pak dokter…tapi kalo di sekolah beda banget…apalagi kalo udah masuk diferensial…integral…walah…tobat deh…:)

  20. Ida on

    lucu but cool🙂
    ehee

  21. Yusuf Alam Romadhon on

    Kang Mashuri ini ada2 saja.. tapi lumayan lo untuk ice breaking buat guru matematika sungguhan biar muridnya ndak be-te…

  22. mashuri on

    Terima kasih buat semua yang telah mampir dan memberikan apresiasinya…

  23. Tina on

    Haduh pakkkkk, please jangan kasih aku matematika, hidupku dah susah jangan ditambah susah, hehe..

  24. mashuri on

    #tina
    wadoooh….mba yang satu ini “susah” tapi “menghasilkan” he…he….Bulan ini berapa orderan euy…..Begadang lagi…begadang lagi….

  25. cadavercorporate on

    he he ini seperti rumus :
    1 x D/CosA -ta + 1 x lagi
    (baca: satu kali di per kos a min ta tambah satu kali lagi) kidding…😀

  26. Drs. Chris Barata on

    Saya pingin sekali membuat CD intraktif atau soal interaktif matematika dengan mengguankan mocromedia Flahs, namun saya terkendala dengan prgram scipnya, jarang saya temukan buku-buku yang gamblang membahas pemrogaman scrip flash. tolong saya dibantu bagaiman saya bisa mendapatakan buku atau CD tutorialnya atau potongan potongan program yang sudah anda buat untuk saya pelajari secara otodidak, terimakasih sebelumnya.

  27. mashuri on

    hayo siapa yang bisa bantuh Pak Chris?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: